11 Tips Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah

Kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Tapi jangan menganggap sebum adalah musuh kulit berminyak karena komponen ini juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Tapi produksi sebum yang berlebih bisa menyebabkan kulit berminyak yang bisa berujung pada kulit terlihat kusam, pori-pori yang tersumbat, komedo dan jerawat. Jadi kunci untuk merawat kulit berminyak adalah bagaimana mengontrol produksi sebum tapi sambil menjaga kelembaban kulit.

Cara membersihkan kulit berminyak yang paling pertama adalah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Beda jenis kulit, beda pula perawatannya. Perawatan yang sudah Anda lakukan akan berakhir sia-sia jika Anda tidak memahami jenis kulit Anda sendiri. Nah, cara terbaik untuk memastikan jenis kulit Anda adalah dengan konsultasi ke dokter kulit.

Meski begitu, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah untuk mengetahui apa jenis kulit Anda. Sebagai permulaan, ketahuilah berapa kali dalam sehari Anda membersihkan wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, tisu yang Anda gunakan untuk membersihkan kulit akan menyerap minyak setiap kali Anda membersihkan wajah Anda dalam sehari. Kulit Anda dikatakan tidak berminyak jika setiap Anda membersihkan wajah Anda tidak ada minyak yang terserap oleh tisu yang digunakan. (Petunjuk lain yang menunjukkan kulit Anda tidak berminyak adalah Anda tidak pernah merasa harus mengelap wajah).

Sedangkan jenis kulit yang merupakan kombinasi dari kedua jenis kulit akan cenderung kering pada bagian pipi dan dahi, tetapi terkadang ada penumpukan minyak di sekitar hidung. Jika setelah tes menggunakan tisu tadi Anda cukup yakin memiliki kulit berminyak, berikut adalah beberapa tanda lain kulit berminyak yang harus Anda pastikan:

  • Pori-pori yang besar dan terlihat jelas
  • Daerah T yang mengilap (area yang memanjang di antara dahi dan hidung Anda)
  • Noda, komedo, dan jerawat yang timbul secara rutin

Berikut 11 cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah :

1. Rajin Cuci Muka

Rajin Cuci Muka Bisa Mengatasi Wajah Berminyak
Rajin Cuci Muka Bisa Mengatasi Wajah Berminyak

Jika wajah kalian berminyak, kalian harus cuci muka dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Hindari sabun cuci muka yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka yang berbusa dan lembut.

2. Gunakan Toner

Toner astringent yang ditujukan untuk kulit berminyak biasanya mengandung alkohol yang bisa membuat wajah menjadi kering. Tapi, coba gunakan toner dengan astringent alami seperti witch hazel yang bisa menenangkan kulit dan meregulasi produksi sebum.

3. Keringkan Wajah dengan Benar

Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Sebisa mungkin jangan gunakan handuk di wajah dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar karena bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum dan membuat kulit menjadi berminyak.

4. Gunakan Blotting Paper

Untuk mengatasi wajah berminyak saat beraktivitas di siang hari kalian bisa menggunakan blotting paper yang berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit. Saat ini sudah ada banyak merk blotting paper yang bisa kalian beli di drugstore seperti Clean & Clear, Ovale, Acnes dan lain-lain.

Baca Juga : 4 Zodiak Ini Paling Serius Menjalani Hubungan 

5. Pakai Masker Lumpur

Kanon – Masker lumpur yang terbuat dari bentonite clay bisa menyerap minyak berlebih di wajah dan mengurangi produksi sebum tanpa membuat kulit iritasi. Gunakan masker lumpur seminggu sekali dan gunakan pelembab ringan setelahnya.

Selain masker lumpur, kalian juga bisa mengatasi wajah berminyak dengan masker dari bahan alami seperti lidah buaya, madu, oatmeal, putih telur dan lemon.

6. Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi bagus untuk mencegah tersumbatnya pori-pori di wajah. Kalian bisa menggunakan scrub untuk eksfoliasi fisik atau menggunakan BHA/AHA untuk eksfoliasi kimia. Lakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu agar kulit tidak mengalami iritasi.

7. Jangan Lupa Sunscreen

Ketika beraktivitas di siang hari jangan lupa gunakan sunscreen. Paparan UV bisa menarik air yang ada di kulit dan meningkatkan produksi minyak. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 minimal setelah menggunakan pelembab sebelum keluar rumah di siang hari.

8. Memakai Pelembab

Orang dengan kulit berminyak mungkin menghindari pelembab karena bisa membuat kulit mereka terlihat lebih berminyak. Padahal dengan menggunakan pelembab yang tepat bisa bermanfaat untuk kulit berminyak.

Untuk kalian yang memiliki wajah berminyak gunakan pelembab tanpa kandungan minyak. Atau kalian juga bisa menggunakan gel lidah buaya, tapi pastikan gel tersebut tidak mengandung alkohol yang bisa membuat kulit terlalu kering.

9. Gunakan Skincare Bebas Minyak

Kanon – Untuk merawat wajah berminyak gunakan produk skincare yang memiliki label “bebas minyak” atau “noncomedogenic”. Produk dengan label ini tidak akan menyumbat pori-pori di wajah berminyak kalian atau menyebabkan jerawat.

10. Pakai Foundation yang Ringan

Untuk menutupi wajah yang berminyak dan berjerawat biasanya perempuan menggunakan foundation tebal dengan finish matte. Tapi foundation seperti ini bisa terasa sangat berat, terutama di cuaca panas.

Foundation yang terlalu tebal bisa menyumbat pori-pori dan memproduksi lebih banyak minyak. Coba ganti dengan foundation lebih ringan atau tinted moisturizer yang mengandung silikon.

11. Perhatikan Makanan

Cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat lainnya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang bisa mendorong produksi minyak berlebih seperti makanan pedas dan minuman beralkohol.

Untuk memperlambat produksi minyak berlebih, kalian bisa mengonsumsi lebih banyak wortel, bayam dan blewah yang kaya akan vitamin A.