Tak dapat dipungkiri bahwa takhayul dan mistik selalu berkeliaran di sekitar kita. Namun, tahukah kamu ternyata tak hanya masyarakat Indonesia yang percaya dengan takhayul. Di negeri Bollywood, yakni India ternyata juga banyak melahirkan beragam mitos yang patut untuk disimak.

Tapi mau semistis apapun, sepertinya takhayul di India tetap ‘nggak’ bisa mengalahkan takhayul di Indonesia. Nggak percaya? Mana ada yang bisa nandingin suster ngesot keramas, simbah gayung dan eyang pacul? Hehehe…

Terus mitos macam apa aja sih yang ada di India. Ini dia takhayul yang masih bertahan di negeri yang pintar joget itu.

Pohon Bodhi yang Mengerikan

Pohon Bodhi
Pohon Bodhi/Pohon Peepal Dipercaya oleh orang India tempat para makhluk halus (Dok. Istimewa)

Orang India menyebutnya sebagai Pohon Peepal. Nama latin dari pohon ini adalah Ficus relihiosa L. Takhayul yang berkembang di negeri Bollywod itu mengatakan bahwa pohon peepal merupakan rumah dari segala jenis makhluk halus.

Bila dibandingkan dengan Indonesia, mitos tersebut mirip dengan pohon beringin. Biasanya penghuni dari pohon beringin adalah genderuwo. Di Indonesia ternyata ada kejadian yang menyeramkan. Entah nyata atau tidak, tapi nyatanya genderuwo di Indonesia pun masih bisa kesurupan. Bahkan fenomena itu sudah difilmkan.

Satu Rupee Keberuntungan

1 Rupee Keberuntungan
Gak bayangin kalo pas dapet thr lebihnya 1 rupee (Dok. Istimewa)

Mungkin jika ini terjadi di Indonesia, pasti akan dibully habis-habisan, atau setidaknya menjadi omongan tetangga selama sebulan. Mengapa? Karena di India ada takhayul yang menyatakan bahwa setiap hadiah harus dilebihkan 1 rupee.

Jadi jika kalian berniat memberi hadiah uang sebesar 100.000 rupee, maka harus dilebihkan satu menjadi 100.001 rupee. Jika nilai uangnya masih berlaku sebenarnya tak masalah, tapi tentunya jumlah tersebut sangat “nanggung”.

Goyang Kaki Celaka

Goyang Kaki Celaka
Nah lo…yang gak betah duduk berlama-lama (Dok. Istimewa)

Untungnya di Indonesia lebih terkenal goyang jempol, atau saat ini yang sedang viral adalah goyang dua jari. Mengapa untung? Karena di negeri Hindustan itu goyang kaki bisa menjadi sebuah simbol dari nasib buruk yang akan datang.

Menurut mitosnya, bila menggoyangkan kaki saat duduk diam, maka ada energi yang tidak perlu terbuang ke dalam rumah. Hal ini menyebabkan dewi keberuntungan merasa enggan untuk tinggal di rumah, sehingga kesialanlah yang akan datang menimpa.

Bersin Tanda Nasib Buruk

Bersin Tanda Nasib Buruk
Kalo ditempat kita, bersin dipercaya ada yang lagi ngegunjing kita (Dok. Istimewa)

Tentunya sangat menyiksa jika menahan bersin. Tapi hal ini lumrah dilakukan di India karena jika orang bersin sebelum melakukan perjalanan, maka sudah bisa dipastikan nasib buruk siap mengancam. Oleh karena itu masyarakat India lebih baik menahan bersin sebelum perjalanan. Meskipun rasanya menyiksa, tapi tentunya lebih baik daripada kena sial.

Kucing Hitam Melintas

Kucing Hitam Melintas
Barangkali di India memiliki peribahasa “mengkucing hitamkan” (Dok. Istimewa)

Siapa sangka ternyata kucing hitam dan planet Saturnus memiliki hubungan “gelap”. Segelap dan sepekat warna hitam. Karena bagi orang India, planet Saturnus merupakan simbol dari penderitaan. Dan planet ini disimbolkan dengan warna hitam. Tapi hingga saat ini belum ada alasan logis mengapa harus kucing yang dijadikan subyeknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here