Viralnesia– Cerita tentang lokasi harta karun Soekarno memang telah menjadi perbincangan bertahun-tahun, dimana bagi para pegiat teori konspirasi, sang proklamator konon katanya telah menyediakan stok harta karun berupa emas batangan untuk para rakyat Indonesia.

Namun, lokasi harta karun tersebut masih menyisakan tanda tanya sampai hari ini. Alhasil, banyak kelompok-kelompok hingga sekte pemburu harta karun Soekarno berkompetisi untuk menemukan harta karun tersebut.

Ya, baru-baru ini Patung Pancoran mendadak hits setelah dikabarkan bahwa ikon nasional tersebut sengaja dibangun untuk memberikan petunjuk lokasi harta karun Soekarno.

Konon katanya, pada saat pembangunan patung ini sang putra bangsa pun juga turut menunggui proses pembuatan hingga harus rela menjual mobilnya untuk membiayai pendirian patung tersebut.

Proses pembuatan patung pancoran (Dok. Istimewa)

Ia juga sangat detail dalam memperhatikan setiap pembangunan patung, termasuk juga arah patung tersebut. Oleh karena itu muncul kabar bahwa Soekarno memiliki rencana tersendiri atas patung yang memiliki nama lain Patung Dirgantara ini.

Dalam beberapa versi dikabarkan bahwa Soekarno menyimpan harta karun di suatu tempat dan lokasi tersebut ditunjukkan oleh patung perunggu tersebut. Patung Dirgantara tersebut menghadap ke utara dengan tangannya mengarah ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran.

Pada dasarnya, Bandar Udara Internasional Kemayoran merupakan bandara internasional pertama yang dimiliki Jakarta. Bandar Udara tersebut memang memiliki fungsi utnuk melayani seluruh rute penerbangan domestik dan internasional pada masanya, sebelum akhirnya dipindah ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain menunjuk ke arah utara, patung ini pun juga dibangun di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara. Posisinya juga sangat strategis karena merupakan monumen penyambut bagi para pendatang yang baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

bandar udara kemayoran
Bandar Udara Kemayoran menjadi bandar udara pertama di Jakarta (Dok. Istimewa)

Patung Dirgantara ini dibangun dengan maksud untuk menunjukkan kepada dunia akan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara. Penekanan dari desain patung tersebut berarti bahwa untuk mencapai keperkasaan, bangsa Indonesia mengandalkan sifat-sifat jujur, berani dan bersemangat.

Namun, benarkah di lokasi tersebut  Soekarno menyimpan harta karunnya? Sampai hari ini kabar tersebut pun belum bisa dibuktikan dan masih harus dilihat kembali kebenarannya.

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here