Viralnesia- Tepat pada hari ini, seluruh umat muslim di dunia tengah merayakan sebuah event rutin tahunan yaitu Idul Adha. Hari besar umat muslim yang identik dengan pemotongan hewan kurban ini pun juga diramaikan dengan beragam sajian khas seperti tongseng, gulai, hingga sate di Indonesia.

Namun, ternyata setiap negara mempunyai tradisi kuliner yang berbeda-beda. Jika kamu penasaran dengan kuliner khas yang disajikan di beragam negara, berikut adalah beberapa penampakan sajian yang bikin ngiler tersebut.

Maqluba

Maqluba
Maqluba Hari Raya Idul Adha (Dok. Istimewa)

Di Timur Tengah, sajian Idul Adha yang sangat populer adalah Maqluba. Menu yang terdiri dari sayuran, daging ayam, kalkun atau domba serta nasi dengan bumbu dan nasi ini kalo di Indonesia bisa dibilang mirip dengan nasi kebuli.

Mansaf

Mansaf kuliner Idul Adha
Mansaf  sajian khas Yordania saat Idul Adha (Dok. Istimewa)

Jika kamu bertandang ke Yordania ketika perayaan Hari Raya seperti Idul Adha maka Anda wajib untuk mencicipi Mansaf yang merupakan sajian khas di daerah tersebut. Mansaf sendiri terdiri dari domba atau ayam yang difermentasi kemudian direbus perlahan dengan saus yoghurt. Biasanya mansaf disajikan di atas baki besar dan dibagi dalam piring-piring kecil. Wah, selain rasanya yang istimewa kamu juga akan mendapatkan nuansa kebersamaan ketika menyantapnya.

Bolani

Bolani kuliner khas Idul Adha
Bolani, sajian khas Afghanistan yang sangat populer disajikan saat perayaan Idul Adha (Dok. Istimewa)

Di Afghanistan, Bolani merupakan makanan populer selama perayaan Hari Raya. Menu ini terdiri dari roti yang diisi dengan berbagai lauk mulai dari kentang sampai lada hijau, dan biasanya dipanggang atau digoreng untuk membuat kerak tipis, sebelum disajikan dengan yoghurt.

Ma’moul

Ma'moul Hari Raya Idul Adha
Ma’moul mirip seperti kue kering (Dok. Istimewa)

Jika di Indonesia hari raya Idul Adha identik dengan sajian daging-dagingan, maka di negara Timur Tengah camilan berupa kue juga hadir saat perayaan hari besar tersebut tiba. Maamoul salah satunya, yaitu sajian berupa kue manis yang terbuat dari tepung terigu, tepung semolina sejenis padi-padian. Sebagai isiannya semolina terdiri dari walnut, gula, kayu manis, dan, minyak sayur.

Tufahija

Hari Raya idul Adha kuliner
Jalan-jalan ke Bosnia, jangan lewatkan untuk mencicipi sajian Tufahija (Dok. Istimewa)

Ketika Anda tengah berkunjung ke Bosnia ketika Idul Adha tiba, maka jangan melewatkan untuk mencicipi sajian khasnya yaitu Tufahija. Sajian berupa puding yang terbuat dari apel yang direbus dengan air gula ini akan menggugah selera Anda dalam melakukan petualangan kuliner di negeri ini. Sajian istimewa ini juga diisi dengan kacang, walnut, atau almond dengan atasnya dilelehi krim kocok atau creme fraiche. Semakin nikmat, makanan ini akan semakin cocok ketika ditemani dengan secangkir kopi.