Viralnesia – Saling membantu merupakan salah satu nilai dari pendidikan karakter yang harus ditanamkan kepada setiap orang di Indonesia. Dan ternyata, nilai ini sudah tertanam sejak lama. Karena dalam kondisi apapun masyarakat negara ini pasti akan langsung bahu-membahu.

Sebuah kejadian menarik terjadi di wilayah Jakarta. Kejadian ini tertangkap oleh kamera pengemudi lainnya. Untungnya ia mengabadikan momen yang membuat haru sekaligus kocak ini, sehingga masyarakat lainnya dapat belajar dari kisah ini.

Polisi Adalah Kunci

Entah mengapa bila ada polisi, masyarakat langsung sigap untuk bersikap saling tolong-menolong. Contohnya saat ada tiga pengendara motor yang melintas di rute Transjakarta. Padahal dalam peraturan sudah sangat jelas bahwa jalur tersebut merupakan jalur khusus yang hanya boleh dilalui oleh bus Transjakarta.

Seperti dalam kisah drama yang klise, di ujung rute tersebut ada beberapa polisi yang menghentikan para pengendara motor yang melanggar aturan, karena sudah menggunakan jalur Transjakarta untuk sepeda motor.

Ditinggal Tuh Rasanya Sakit, Apalagi Pengendara Motor Ini…

Tiga orang dengan tiga sepeda motor. Mereka berusaha mengeluarkan sepeda motornya ke jalan raya. Hanya saja ada pembatas jalan yang cukup tinggi. Sehingga motor harus diangkat supaya dapat melewatinya.

Untuk mengangkat 1 motor diperlukan 2 orang, karena pembatas yang tinggi dan motor yang berat.

Kerja Sama, Kita Bisa

Akhirnya tiga orang itu pun memutuskan untuk bekerja sama. Dari video yang berdurasi 1 menit 18 detik itu dapat dilihat bahwa tiga orang itu saling bahu-membahu mengeluarkan motor dari rute Transjakarta ke jalan raya, satu per satu.

Setelah dua motor lainnya berhasil melewati pembatas jalan dan berada di jalan raya, sayangnya pengendara motor ketiga harus merasakan pahitnya kenyataan. Ia justru ditinggalkan oleh dua orang yang sudah ia bantu.

Belum pasti apa alasan yang mendasari dua pengendara itu meninggalkan pengendara ketiga. Apakah karena lampu lalu lintas sudah berwarna hijau, ataukah karena sudah dipelototi oleh pengendara lainnya di jalan raya.

Tapi ada satu pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman ini, yaitu jangan melintas di jalur Transjakarta menggunakan sepeda motor.

https://www.facebook.com/Andreas.Takdare/videos/10155513472472854/?t=54