Jika kamu mengaku sebagai pecinta dawet, maka beberapa varian minuman khas Jawa satu ini sepertinya wajib kamu coba. Meski memiliki nama yang sama, namun tentu saja sensasinya sangatlah berbeda dari dawet pada umumnya. Nah, berikut adalah beberapa dawet yang harus dicoba untuk membuktikan bahwa kamu adalah dawet lovers!

‘Nggak nyangka’ , Ternyata Lele gak Cuma Dipecel

dawet lele viral
Jangan anggap bahwa dawet lele beraroma amis lho yaa…(Dok. Istimewa)

Sebenarnya sedikit aneh jika minuman segar ini dibuat dari ikan lele. Jika kamu berpikiran bahwa lele hanya bisa digoreng seperti layaknya makanan yang tersaji di warung tenda lamongan maka jangan kaget bahwa ikan berkumis tersebut bisa dibuat menjadi segelas es dawet yang segar. Uniknya, dawet lele tersebut tak sedikitpun mengeluarkan aroma amis meski terbuat dari ikan karena sebelumnya telah diracik dengan tepung beras dan sagu. Kalo soal rasa, jelas nggak kalah segar seperti dawet-dawet pada umumnya.

Es Dawet Daging Patin, Segernya Bikin Nagih

Dawet ikan patin menjadi salah satu varian yang wajib kamu coba (Dok. Liputan 6)

‘Nggak’ cuma lele yang bisa dijadikan sebagai segelas es dawet yang segar. Seperti namanya, Dawet Daging Patin memang memiliki bahan pokok berupa ikan patin. Tentu saja, minuman ini sudah diracik dengan baik karena telah dikombinasikan dengan tepung dan daun suji terlebih dahulu. Nah, pembuat dawet ikan patin ini adalah seorang ibu rumah tangga bernama Endang Siti yang diketahui berasal dari Batam. Ia pun memberi nama resepnya tersebut dengan ‘Datin’ sebuah akronim dari Dawet Patin. Rasanya pun ‘mungkin’ sangat cocok untuk mengobati dahagamu!

Waaaini! Patut Dicoba untuk Kamu yang Doyan Sensasi Pedas

Dawet sambal pedas
nggak cuma manis, bahkan dawet sambal yang bercita rasa pedas pun ada lho! (Dok. Instagram)

Kalo untuk varian satu ini, mungkin sangat cocok bagi kamu yang doyan kuliner pedas. Ya, es dawet sambel ini memang sangat populer setelah viral di linimasa dan diketahui berasal dari Kulon Progo. Meski pada umumnya dawet disajikan bersama dengan santan dan gula merah untuk menciptakan cita rasa yang segar, maka untuk kali ini beberapa bahan seperti sambal, kelapa bubuk, irisan selederi, kecambah, dan bawang goreng siap untuk kamu santap. Bagi pecinta dawet sekaligus pecinta kuliner pedas, sepertinya dilarang untuk melewatkannya.

Gak Cuma Dawet Hitam, Saking Kreatifnya pun Akhirnya Jadilah: Dawet Goreng!

dawet goreng
Mampir di Purworejo? Jangan lupa nyicip dawet goreng (Dok. travelingyuk)

Selain Banjarnegara, Purworejo ternyata juga sangat dikenal dengan produk kulinernya yaitu dawet hitam. Namun, dibalik kepopuleran dawet hitam khas Purworejo terdapat pula es dawet goren. Nah, dalam seporsi es dawet goreng ini kamu juga akan disajikan cendol yang dipadu dengan potongan tahu, taoge mentah, bawang merah goreng, larutan gula, dan sambal yang dibuat dari cabai hijau. Kombinasi rasanya yang gurih, manis, asin, dan juga pedas ini pasti akan membuatmu menempatkan produk kuliner ini sebagai yang paling ‘kece’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here