Viralnesia– Setiap pemimpin negara tentu memiliki ciri khas tersendiri dalam memimpin dan menciptakan sebuah kebijakan untuk negerinya. Misalkan, Vladimir Putin yang dipuji atas keberaniannya, Jose Mujica karena kesederhanaanya, hingga Kim Jong Un yang dianggap kontroversial karena otoriternya.

Namun, jangan lupa dengan salah satu pemimpin Filipina yang sangat terkenal dengan ketegasannya, yaitu Duterte. Karena ketegasannya tersebut, pemimpin Filipina ini bahkan sering membuat heboh berkat kebijakan yang dikeluarkan. Salah satunya adalah terkait keputusannya untuk menghukum para koruptor dengan meremukkan barang mewah hasil korupsi.

Nah, berikut adalah empat kebijakan Presiden Duterte yang cukup kontroversial sekaligus membuat dunia harus mengapresiasi upayanya dalam memberantas korupsi di Filipina.

Mobil berharga puluhan miliar milik para koruptor diremukkan tanpa sisa

mobil puluhan miliar
mobil berharga puluhan miliar milik koruptor dihancurkan (Dok. Istimewa)

Keputusan Duterte untuk menghukum para koruptor salah satunya adalah dengan menghancurkan mobil super mewah yang dimiliki oleh para tikus berdasi. Dirinya melakukan penghancuran mobil-mobil mahal tersebut dan diperkirakan bisa mencapai 30 milliar. Langkah ini merupakan salah satu janji politik yang harus ia realisasikan yaitu dengan membuat negara Filipina bersih dari para koruptor.

Babat habis para bandar narkoba demi majunya Filipina

koruptor dihabisi di Filipina
koruptor dihabisi di Filipina (Dok. Istimewa)

Peredaran narkoba di Filipina memang menjadi sebuah malah besar negeri itu selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, sejak terpilihnya Duterte menjadi pemimpin Filipina, ia pun langsung melayangkan sebuah kebijakan yang cukup mengejutkan yaitu perang melawan para bandar narkoba di negeri itu.

Meski sempat jadi perdebatan karena alasan HAM, Duterte pun meyakinkan kepada para penegak hukum bahwa hal tersebut tidak melanggar aturan negara. Salah satu langkah untuk mengantisipasi adanya tindakan menyalahi HAM, Duterte pun memerintahkan kepada para aparatnya untuk melakukan penggalian informasi secara benar akurat dan yang ditembak mati adalah mereka yang melawan.

Warga yang menembak mati akan mendapatkan hadiah

warga filipina berhak mendapatkan hadiah dari duterte
warga filipina berhak mendapatkan hadiah dari duterte

Tak hanya penegak hukum, Duterte sendiri juga telah menyiapkan hadiah uang sebesar 5 juta Peso (1,4 Miliar) untuk warga sipil yang bisa menembak mati para gembong narkoba dan 4,9 juta  Peso yang berhasil menangkapnya secara hidup-hidup.

Lempar dari helikopter untuk para koruptor yang tak kunjung jera

koruptor akan dijatuhkan dari helikopter
koruptor akan dijatuhkan dari helikopter (Dok. Istimewa)

Dari kasus narkoba, kembali kepada kasus koruptor nih… Oya, orang nomor satu di Filipina ini juga memiliki kebijakan yang tak kalah menarik bagi mereka yang terbukti melakukan korupsi selama berkali-kali. Dilansir dari VOA Indonesia, bahwa mereka yang terbukti melakukan tindak korupsi yang merugikan negara maka Duterte tak tanggung-tanggung untuk menjatuhi mereka hukuman dengan melempar para koruptor dari atas helikopter. Wah, serem ya gaess…gak kebayang tingginya seberapa tuh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here