Warganet dan juga masyarakat di Garut sedang ramai membicarakan tentang Gerbang ‘Gaib’ milik SD Negeri Regol 7 di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bukan tanpa alasan mereka menjulukinya sebagai Gerbang Gaib. Bahkan tidak sedikit yang meyakini bahwa gerbang tersebut merupakan sebuah portal yang menuju ke dimensi lain.

Mungkin masyarakat Indonesia masih sangat ingat dengan film dan serial Star Gate atau Harry Potter. Dalam film Star Gate digambarkan ada sebuah gerbang atau portal yang menghubungkan planet-planet di alam semesta. Sedangkan di Harry Potter, gerbang gaib tersebut menuju ke dunia sihir.

Sayangnya, di Indonesia tidak demikian. Mereka menganggap gerbang ini merupakan portal yang menuju ke dimensi lain, alias dimensi makhluk halus. Gerbang yang tidak ada tembusannya ini memang tampak tertutup oleh tembok bangunan kelas. Maka wajar jika masyarakat berpikir demikian.

Ada Gerbang Lain

Setelah dikonfirmasi, Kepala SDN Regol 7 menjelaskan kepada media dan masyarakat bahwa gerbang tersebut bukanlah gerbang gaib, seperti yang telah disangkakan banyak orang selama ini. Menurut Sri Baitul Sofiah, gerbang itu memang sudah tidak terpakai karena para siswa dan guru masuk melalui gerbang lain.

Kepala Sekolah yang baru menjabat selama beberapa bulan tersebut mengaku belum terlalu tahu tentang penutupan gerbang yang dimaksud.

gerbang gaib sdn regol 7 garut

Di media sosial, tentu saja komentar dari para netizen sangat ditunggu-tunggu. Komentar-komentar yang unik dan nyeleneh kadang membuat sebuah postingan ramai. Bahkan sebutan Gerbang Gaib merupakan celetukan dari salah satu netizen.

Selain gerbang gaib, ada yang menjulukinya sebagai gerbang bintang “Star Gate”. Ada yang menyebutnya sebagai gerbang sihir Harry Potter. Lebih tepatnya adalah Peron 9 3/4. Bahkan SDN Regol 7 ini pun disebut sebagai SD Hogwart oleh akun @sarkas.gram.

Ternyata, Sri Baitul Sofiah selaku Kepala Sekolah SDN Regol 7 pernah akan membongkar gerbong tersebut. Tapi langkah itu terhenti karena ada anggapan bahwa gerbang tersebut merupakan cagar budaya. Hingga saat ini beliau masih menunggu untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Pemkab Garut segera merespon fenomena gerbang gaib tersebut dengan cepat. Pihak pemkab berencana untuk melakukan pembongkaran atas gerbang di SDN Regol 7 itu. Langkah ini akan dijalankan karena menurut mereka gerbang yang dimaksud sudah tidak berfungsi lagi.