Viralnesia– Siapa sangka bahwa teknologi persenjataan di masa lalu ada yang masih relevan untuk digunakan pada masa sekarang. Salah satunya adalah Greek Fire atau disebut juga dengan nama ‘api Yunani’, sebuah senjata yang menyerupai bom yang digunakan oleh para pasukan tempur Romawi Timur (Byzantium) dan sangat efektif dalam pertempuran laut.

Senjata satu ini memang sedikit yang mengungkapnya karena menjadi salah satu senjata rahasia yang sangat ampuh dalam meluluh lantakkan musuh di jalur laut.

Greek Fire menjadi salah satu senjata andalan pasuka Romawi Kuno
Greek Fire menjadi salah satu senjata andalan pasuka Romawi Kuno (Dok. Ceritakakakdewa)

Greek Fire dipercaya dapat membakar apapun, hingga bisa melelehkan besi dan jenis logam lainnya. Tak hanya itu, api yang dihasilkan oleh senjata ini pun juga dapat menyala di dalam air.

Inilah yang menjadi kunci kemenangan Byzantium dalam pertempuran di atas laut. Namun, sampai hari ini masih timbul pertanyaan, dimana Peradaban Kuno bisa membuat senjata pemusnah secanggih itu. Selain itu pula, bahan yang digunakan untuk membuat senjata tersebut pun masih menjadi misteri sampai sekarang.

Bom Napalm Amerika di Vietnam
Bom Napalm diduga sangat dekat dengan teknologi Greek Fire (Dok. Cardclover)

Penemuan modern yang paling dekat dengan Greek Fire adalah bom Napalm yang digunakan Amerika saat menghancurkan Vietnam. Bom ini juga terbuat dari bahan liquid/cairan. Namun,  kekuatan bom modern ini pun masih kalah dengan Greek Fire yang dibuat ribuan tahun yang lalu.

Wah, tentu sobat viralnesia gak bayangin begitu canggihnya teknologi persenjataan masa lalu dan bagaimana pun juga Greek Fire masih diteliti oleh para inovator senjata seluruh dunia untuk direvitalisasi menjadi senjata yang jauh lebih canggih.