Viralnesia – Ribuan abad yang lalu ada sebuah kerajaan yang sangat megah dan mewah. Konon negeri itu dipimpin oleh seorang ratu. Ia sangat cantik dan jarang keluar dari istananya. Dan kalau keluar, ia selalu mengendarai kereta emasnya yang berkilauan. Negeri itu adalah Atlantis yang hilang.

Atlantis berasal dari Bahasa Prancis kuno. Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Atlantis mempunyai arti dewi yang sangat cantik. Hal ini bisa dimaknai bahwa kecantikan ratu dari kerajaan Atlantis seperti para dewi.

Tentu saja hal tersebut membuat banyak orang terpesona. Selain karena kecantikan sang ratu, juga peradaban yang sangat maju. Rakyat yang mandiri dan makmur, serta sistem pemerintahan dan negara yang sangat efektif sudah diterapkan oleh kerajaan.

Atlantis Tenggelam

Menurut keterangan dari para filsuf Yunani Kuno, Socrates dan Plato menjelaskan bahwa kerajaan yang sangat maju itu “tenggelam”. Arti dari kata “tenggelam” di sini bisa berarti kejayaan kerajaan ini runtuh, entah karena bencana alam atau disebabkan oleh kerajaan lain. Tapi bisa juga kerajaan ini benar-benar menenggelamkan diri ke dasar samudra.

Indonesia adalah Atlantis yang Hilang, Benarkah?

Bila kita menyepakati hal yang pertama, wilayah yang paling memungkinkan untuk menghilangkan Atlantis melalui bencana alam pastinya berada di dalam jalur gunung berapi dan merupakan tempat bertemunya lempengan-lempengan bumi. Dan hanya ada satu wilayah yang cocok dengan syarat tersebut, yaitu Asia Tenggara atau ASEAN.

Di Dasar Samudera

Bila kita menyepakati hal yang kedua, maka kerajaan Atlantis benar-benar tenggelam di lautan. Tapi apakah mereka meninggal? Tentu saja tidak. Jangan lupa bahwa kerajaan ini mempunyai peradaban dan teknologi yang sangat maju.

Lalu di manakah lokasi Atlantis saat ini? Bila melihat wilayah laut di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, maka yang paling cocok sebagai tempat tenggelamnya kerajaan ini adalah Samudra Hindia.

Samudra ini terletak di selatan Pulau Jawa. Mengarah hingga India dan Sri Lanka. Besar kemungkinan kerajaan Atlantis berada di wilayah ini. Karena banyak mitos dan legenda yang beredar di Indonesia sangat mirip dengan ciri-ciri yang disebutkan dalam kisah sejarah. Kini tinggal menunggu waktu saja karena dalam waktu yang tidak lama, Atlantis akan segera muncul kembali!

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here