Viralnesia– Siapa bilang kalo orang Indonesia gak punya kesempatan terbang ke Mars? Pria asal Jogja satu ini menjawab pesimisme banyak orang, dimana lelaki ini berhasil mendapatkan kesempatan dari NASA dalam program pelatihan hidup di Mars.

Venzha Christ, pemuda asal kota gudeg yang juga berprofesi sebagai seorang seniman ini mendapatkan kesempatan dalam pelatihan di Mars Desert Research Station (MDRS). Baginya, dunia luar angkasa adalah suatu yang dapat diamati dan dipelajari dengan mudah. Berkat ketekunannya tersebut, impian besarnya pun membuahkan hasil.

Maniak UFO sejak kecil…

Venzha Christ HONF
Venzha Christ maniak UFO (Dok. Istimewa)

Venzha menganggap bahwa dunia luar angkasa merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Ia pun juga dikenal sebagai maniak UFO karena banyak mengumpulkan berbagai barang, film, serta komik yang membahas tentang objek misterius tersebut. Mempelajari hal tersebut secara otodidak, justru membuat Venzha selalu antusias dalam membahas apapun yang berkaitan dengan objek luar angkasa tersebut.

Pendiri House of Natural Fiber (HONF)

HONF Venzha Christ
Pendiri HONF (Dok. Istimewa)

Keseriusannya dalam dunia luar angkasa juga ia realisasikan ke dalam bentuk seni space art, dimana hal tersebut membuat nama Venzha Christ tak terdengar asing di kalangan masyarakat umum. Ia pun semakin mengukuhkan kariernya sebagai seniman dengan mendirikan House of Natural Fiber (HONF) bersama dengan tiga orang temannya, Irene Agrivina (fashion designer), Istasius (graphic designer), dan Tommy Surya.

Didirikannya lembaga ini tentunya untuk memudahkan para masyarakat untuk lebih mengenal dunia sains dan teknologi. Selain itu pula, ia mendirikan HONF adalah untuk menghilangkan anggapan bahwa science space merupakan hal yang mudah.

Mewakili Indonesia dalam pelatihan di Mars Desert Research Station (MDRS) oleh NASA

MDRS Venzha Christ
Venzha Christ berkesempatan dalam pelatihan MDRS oleh NASA (Dok. Istimewa)

Kesempatan tak disia-siakan oleh Venzha ketika ia ditawari sebuah pelatihan dari NASA. Tepat pada bulan April lalu, ia mengikuti beragam pelatihan seperti pelatihan fisik, mental, dan psikologi tentang bagaimana caranya mampu bertahan hidup di Planet Mars dalam Mars Desert Research Station (MDRS). Pada kesempatan sebelumnya, lembaga yang didirikan oleh Venzha dan kawan-kawannya yaitu HONF foundation juga sempat diajak ambil bagian dalam pameran NASA- A Human Adventure di Art Science Museum, Singapura.

Mendirikan laboratorium HONFablab

HONFablab Jogja Venzha Christ
Mendirikan HONFablab sebuah laboratorium inkubator (Dok. Istimewa)

Kegandrugannya dalam space art juga dituangkan dengan mendirikan sebuah laboratorium bernama HONFablab, sebuah laboratorium inkubator yang menyediakan ruang dan alat untuk pengembangan karya atau proyek seni, science, perangkat keras, dan teknologi seperti dilansir oleh netz.id.

Venzha pun juga dikenal oleh dunai sebagai seorang yang expert di bidang space science atau space exploration. Ia pun juga berharap bahwa generasi muda Indonesia nantinya bisa menekuni bidang ini, mengingat minat ilmu untuk bidang ini sang kurang di Indonesia. Ya, sosok Venzha ini diharapkan mampu menginspirasi generasi muda Indonesia untuk berani mengeksplorasi dan merealisasikan impian besarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here