Generasi 90an tentu sangat lekat dengan adanya teori “belum lima detik” yang menandakan bahwa kamu masih boleh memakan makananmu yang terjatuh asalkan tidak lebih dari lima detik.

Ya, bagi sebagian orang teori tersebut memunculkan banyak tanggapan entah hal tersebut hanyalah mitos belaka atau memang benar adanya kebenaran ilmiah yang melingkupi teori tersebut.

Namun siapa sangka jika sebenarnya istilah populer belum lima detik tersebut bermula dari sebuah iklan pembersih lantai dan akhirnya kalimat tersebut menancap pada ingatan kita semua hingga hari ini.

Barangkali kalau dipikir lebih dalam, teori yang lahir dari iklan produk tersebut benar juga adanya. Alasannya karena makanan tersebut tidak akan kotor sedemikian rupa jikalau jatuh dalam waktu yang singkat. Alhasil, banyak dari kita mempercayai bahwa teori tersebut memang benar adanya.

Namun, siapa sangka jika teori yang sudah kadung mendarahdaging ini ternyata salah besar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu lima detik ternyata adalah waktu yang cukup lama untuk berpindahnya bakteri dari lantai ke makanan.

Jadi, tentu saja bakteri akan berpindah ketika makananmu jatuh saat itu juga. Menurut riset, setelah makananmu jatuh selama lima detik maka yang terjadi adalah bakteri akan langsung berpindah pada makanan jatuh tersebut sebanyak 800 hingga 1500. Nah, kamu pun bisa membayangkan bagaimana jika makananmu jatuh lebih dari lima detik, bukan?

Tentu saja, yang ada bukan malah mengonsumsi makanan namun bakteri telah bersarang di tubuhmu. Memang sih, lantai yang dijatuhi oleh makananmu tampak bersih. Namun, kita pun tak pernah tahu bagaimana keadaan sebenarnya karena lantaimu tentu telah memiliki riwayat diinjak oleh kaka, sandal, maupun alas kaki lainnya bukan?

Dalam riset tersebut juga dikemukakan bahwa sebenarnya alas kaki seperti sandal atau sepatu memiliki kandungan bakteri Escheria Coli yang menyebabkan kamu bisa berakibat demam dan diare ketika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuhmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here