Viralnesia- Bagi Soekarno, waniata adalah tiang negara, apabila dia baik maka baiklah negara, dan apabila dia rusak maka rusaklah negara tersebut. Kalimat yang tertuang dalam bukunya yang berjudul Sarinah: Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia ini menjadi salah satu bukti kecintaan sang proklamator terhadap seorang perempuan.

Bukan, berarti ia dikenal sebagai presiden yang mempunyai banyak istri, namun lebih pada maksud dan tujuan bapak bangsa ini ketika menikahi sang perempuan. Salah satu yang cukup menghebohkan dan tak banyak orang tahu adalah tentang hubungan asmaranya  dengan seorang Paskibraka Cantik bernama Yurike Sanger.

Soekarno Yurike Sanger
Surat Cinta Yurike Sanger dari Presiden Soekarno (Dok. Istimewa)

Perempuan cantik yang merupakan anggota Paskibraka ini pernah dipersunting oleh sang putra fajar menjadi istri ke-8 nya. Paskibraka lahir pertama kalinya pada tahun 1946 pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta.

Kehadiran Paskibraka pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ini sering menjadi perhatian baik secara individu maupun tim. Dilansir dari TribunStyle, pertemuan Soekarno dan Yurike terjadi ketika perempuan cantik tersebut masih berstatus sebagai seorang pelajar SMA.

Yurike memang dilirik oleh Bung Karno ketika ia menjadi pengibar sang saka, Barisan Bhinneka Tunggal Ika yang kala itu tengah menghadiri acara kepresidenan yang digelar di Istora (Istana Olahraga).

Yurike Sanger
Yurike Sanger ketika usia senja (Dok. Istimewa)

Sejak saat itu, Bung Karno kerap mengirimi Yurike surat cinta dan menghadiahi perempuan cantik ini ini dengan kalung.

Akhirnya pada tanggal 6 Agustus 1964, Soekarno dan Yurike pun menikah. Namun, pernikahan mereka pun tak berjalan lama. Namun, pernikahan tersebut tak berjalan lama karena pada tahun 1967 mereka bercerai bertepatan dengan dimakzulkannya Soekarno secara de facto. Alasan perceraiannya pun karena melihat kondisinya yang memang kurang baik.

Yurike Sanger dan Pevita Pearce

Yurike Sanger Pevita Pearce
Foto Yurike Sanger ketika muda dan Pevita Pearce (Dok. Istimewa)

Bukti kecantikan Yurike Sanger pun melegenda sampai hari ini. Sampai-sampai paras ayunya tersebut dikait-kaitkan mirip dengan wajah Pevita Pearce. Hal tersebut ditambah dengan beredarnya foto wajah Yurike Sanger ketika masih muda yang disangka oleh banyak warganet merupakan fotona ketika muda.

Namun, sebenarnya, foto tersebut ternyata adalah wajah dari Pevita Pearce ketika memerankan sosok sang paskibraka cantik tersebut. Kala itu, kekasih Ariel Noah tersebut diajak oleh salah satu pihak dapur film untuk memerankan sosok Yurike Sanger dalam “9 Reason”.

Film yang diangkat dari sebuah buku biografi yang menceritakan kehidupan rumah tangga Ir. Soekarno ini bercerita tentang kesembilan istri sang bapak proklamator tersebut. Yurike Sanger kini telah memasuki usia senja yakni 73 tahun, namun paras ayunya pun masih terlihat sampai hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here