Viralnesia – Di atas langit masih ada langit, di bawah bumi masih ada bumi. Itulah pepatah kuno yang masih dipegang kuat oleh bangsa Indonesia. Pepatah tersebut mengajarkan nilai-nilai luhur pada manusia supaya tidak sombong dan selalu beryukur. Tapi masih relevankah pepatah itu sekarang?

Masih hangat kabarnya di dunia maya, seorang driver mengabadikan sebuah momen yang sangat menyentuh hati. Driver ini bernama Fachriansyah Jimmy. Melalui akun media sosialnya, ia membagikan sebuah video yang akhirnya viral.

Dalam video tersebut Jimmy merekam sebuah kejadian yang membuat air matanya basah. Ia melihat seorang anak yang usianya sekitar 7 tahun berjalan lalu lalang di sekitar tempat sampah. Merasa ada yang tidak beres, ia pun berinisiatif untuk mengabadikannya.

Di Bawah Bumi Masih Ada Bumi

Tak disangka, ternyata anak itu mengambil sebuah botol bekas yang masih berisi air dari tong sampah. Kemudian ia pun meminum air tersebut. Tentunya kejadian ini membuat air mata meleleh. Dalam postingannya Jimmy menerangkan bahwa kejadian tersebut terjadi di Bali.

Dilanda rasa haus, anak kecil itu tidak malu untuk mengambil sebuah botol air mineral bekas, di tempat sampah di depan sebuah rumah makan terkenal. Seolah bukan hal yang aneh, anak ini pun langsung menenggak air tersebut. Bocah yang tidak mengenakan alas kaki ini terlihat tidak peduli pada tatapan orang-orang.

Bocah Minum Air Dari Tong Sampah

Menurut Jimmy, anak kecil itu kerap menjajakan pernak pernik dan aksesoris bersama ibunya. Setelah merekam kejadian tersebut, Jimmy pun membelikan anak itu minuman dan memberikan santunan. Tapi menurut Jimmy, ketika ditawari makanan, anak itu menolak.

Bagi Jimmy, kejadian yang ia rekam merupakan sebuah pelajaran berharga. Maksud dari rekamannya pun untuk menunjukkan kepada teman-teman drivernya bahwa masih banyak orang yang lebih membutuhkan dan keadaannya jauh lebih susah.

Selalu Bersyukur

Oleh karena itu, jika ada teman-teman drivernya yang mengeluh tentang penghasilan ataupun tamu yang sepi, maka dengan melihat video rekaman tersebut mereka menjadi bersyukur.

Lebih baik lagi, jika orang-orang yang memiliki penghasilan berlebih dapat berbagi kepada orang-orang yang masih ‘kekurangan’. Pasti dunia ini akan indah dan benar-benar merupakan sebuah tempat untuk hidup.

https://www.youtube.com/watch?v=ecx7JKlqP5k

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here