Viralnesia- Bagi generasi 90an, tentu kamu tak asing lagi dengan salah satu judul film kartun yang rutin tayang di hari minggu, yaitu Chibi Maruko Chan, bukan? Karakter seorang gadis yang penuh dengan cerita-cerita menarik ini memang menjadi salah satu sahabat setia para anak-anak generasi 90an.

Namun, pada tanggal (15/08) sang kreator film kartun tersebut yaitu Momoko Sakura baru saja berpulang di usianya yang ke-53. Seperti  yang dilansir dari Japan Times, upacara pemakaman Momoko memang telah dilakukan dan hanya dihadiri oleh sang keluarga dan sahabat mendiang.

Momoko sakura meninggal chibi maruko chan
Orang-orang menandatangani buku bela sungkawa untuk Momoko Sakura, pencipta manga dan serial anime ‘Chibi Maruko-chan’, di Chibi Maruko-chan Land di Kota Shizuoka pada hari Selasa.

“Saya sangat merasa sedih atas kematiannya yang datang terlalu cepat. Tapi senyum kebahagiaan Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar dalam kenangan para pembaca mulai dari anak kecil hingga dewasa. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Momoko Sakura,” tulis Soichi Aida, pemimpin editor Ribbon di halaman websitenya.

Kreator kartun populer era 90an

Dalam karirnya, Momoko Sakura memulai debutnya sebagai kartunis pada tahun 1984. Kemudian pada bulan Agustus 1986, ia mulai menciptakan karakter Chibi Maruko Chan untuk majalah Ribbon yang dirilis untuk setiap bulannya.

Kartun serial Chibi Maruko-Chan pun menjadi salah satu tayangan kartun anak-anak yang populer pada tahun 1990 dan berhasil tayang di beberapa negara seperti China, Taiwan, Hong Kong, Vietnam, dan termasuk pula Indonesia. Selain itu, theme song serial kartu ini yang berjudul Odoru Ponpokorin pun juga menjadi hits yang terjual lebih dari 1 juta keping pada tahun yang sama.

Menurut media lokal, tim produksi berencana akan melanjutkan produksi serial anime Chibi Maruko-Chan dan akan terus mewarnai dunia anak-anak di dunia. Ya, selamat jalan Momoko Sakura! Karyamu akan selalu abadi dan terkenang di hati mereka yang pernah menjadi anak-anak.