Viralnesia – Malam 1 Suro selalu menarik untuk diikuti. Selain karena film dengan judul ini begitu booming disebabkan akting Suzanna yang memukau, ternyata memang ada banyak hal-hal unik yang terjadi. Salah satunya adalah komet terbang di langit Indonesia.

Tepat pukul 18.00 WIB, Indonesia sudah memasuki waktu 1 Suro. Penentuan waktu ini berdasarkan kalender Sultan Agung, dimana bergantinya hari dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Berdasarkan mitosnya, setiap malam 1 Suro pasti akan terjadi peristiwa dan kejadian yang unik. Entah itu ada pertanda dari langit, ataupun ada sebuah kejadian cukup heboh di bumi. Dan kali ini sebuah tanda dari langit muncul: komet.

Sejarah Malam Satu Suro

Kalender Sultan Agung merupakan kalender yang kompleks dan rumit. Karena kalender tersebut menggabungkan tiga sistem penanggalan sekaligus, yaitu Masehi, Hijriah, dan Jawa. Ini juga menjadi bukti bahwa raja dari Mataram ini tidak hanya menguasai ilmu pemerintahan saja, tapi juga ilmu astronomi dan matematika.

Malam 1 Suro 2018, Ada Komet Terbang

Ternyata malam Satu Suro ada sejarahnya. Bila melihat dari makna katanya, Suro bisa berarti dewa. Mungkin saja keyakinan masa lalu masyarakat percaya bahwa di malam tersebut para dewa akan turun ke bumi. Karena itu sebagai manusia, sudah sepatutnya untuk menyambut dengan ritual yang sakral.

Tanda Langit: Komet

Malam Satu Suro di tahun 2018 cukup menarik dan berbeda. Hal ini disebabkan ada komet yang melintasi bumi tepat pada tanggal 10 September. Komet ini dinamakan komet 21P atau Giacobini-Zinner.

Menurut keterangan dari viva.co.id, komet ini berwarna hijau kebiruan dan dapat dilihat tanpa menggunakan peralatan astronomi khusus, alias bisa dilihat dengan mata telanjang.

Lalu apakah makna dari munculnya komet di malam Satu Suro 2018?

Tidak perlu pusing memikirkannya. Karena jawabannya sudah pasti, zaman akan segera berubah. Alam dan seluruh mahkluk luhur sudah menyiapkan arena laga. Tunggu sampai bulan menjadi dua, dan ia memiliki ekor.

Bila saat itu tiba, maka itu artinya perubahan zaman secara besar-besaran sudah dimulai. Tunggu saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here