Viralnesia – Satu desa bisa terkenal dan viral karena ulah satu nenek ini. Kejadian yang unik dan cukup menarik ini terjadi di desa Louka. Louka adalah sebuah desa yang berada di negara Republik Ceko, tepatnya di sebelah selatan Moravia.

Desa ini cukup terlihat sepi. Karena penduduknya terbilang sedikit, hanya 70 orang saja. Tapi seorang nenek yang kreatif berhasil membuat desa ini menjadi lebih berwarna. Ia adalah Anezka Kasparkova.

Arsitektur Bangunan Tradisional

Arsitektur Bangunan Tradisional

Desa ini memiliki bangunan yang cukup antik. Kesan kuno dan tradisional masih sangat melekat di setiap rumah di desa ini. Kebanyakan dari rumah dan bangunan-bangunan umum di desa ini berwarna putih.

Oleh Anezka Kasparkova, bangunan yang berwarna putih tadi diberi sentuhan seni. Ia menggambar rumah-rumah penduduk dan bangunan publik di desa tersebut dengan cat berwarna biru.

Warna kontras yang dihasilkan tentu sangat menyita perhatian mata. Tapi berkat lukisan yang dihasilkan oleh nenek berusia 92 tahun ini, suasana desa Louka pun menjadi penuh warna dan keceriaan.

Lukisan di dinding rumah warga membuat nama desa Louka terkenal dan viral. Menurut pengakuannya, semenjak pensiun dari pekerjaan utamanya sebagai petani, ia melakoni kebiasaan melukis di dinding rumah.

Baginya, dinding rumah adalah kanvas. Ia akan melukis tiap kanvas yang dizinkan untuk dilukis. Sejak pensiun itulah ia selalu menyempatkan diri untuk melukis dinding rumah dan tetangganya. Ia melakukannya saat musim semi dan musim panas.

Nenek Ini Bikin Viral Satu Desa

Patut Dicontoh

Meskipun sudah tidak muda lagi, tapi apa yang sudah dilakukan oleh Anezka untuk desanya layak dicontoh. Ia memberi suri teladan kepada generasi muda supaya mempercantik desanya sehingga sedap dipandang.

Nenek Bikin Viral Satu Desa

Bila desa indah, maka penduduknya juga akan merasa senang dan ceria. Apalagi yang dilukis adalah motif khas Moravia. Tentunya hal ini semakin membuat kagum wilayah tersebut.

Kelebihan dari Anezka adalah ia tidak pernah merancang lukisan-lukisannya. Jadi apa yang ia lukis di dinding adalah cerminan hatinya yang penuh dengan jiwa seni. Ternyata ia memang pernah belajar seni dari seorang wanita yang ia anggap sebagai gurunya, yaitu Manakova.