Viralnesia – Perbandingan sikat gigi manual dan elektrik perlu diketahui. Apalagi keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dalam menjaga kebersihan gigi. Menggunakan jenis sikat gigi yang tepat dapat membuat gigi terhindar dari kuman dan bakteri.

Menyikat gigi dua kali sehari wajib dilakukan untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Memilih jenis sikat gigi yang tepat, baik yang manual walaupun elektrik bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Perbandingan sikat gigi manual dan elektrik dapat dilihat dari kelebihan dan kekurangannya. Tentunya kamu menginginkan gigi jauh dari kuman dan bakteri, serta penyakit. Menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikatnya tentu menjadi hal terpenting dalam perawatan gigi.

Berikut Adalah Perbandingan Sikat Gigi Manual dan Elektrik :

Kelebihan Sikat Gigi Elektrik

  • Mudah Digunakan

Selain itu, sikat gigi elektrik tentunya juga lebih mudah digunakan. Banyak orang yang cenderung menyikat gigi terlalu keras, yang dapat mengakitbatkan gigi mudah rusak. Sikat gigi elektrik akan memudahkan kamu untuk mengatur kelembutan tekanan pada gusi dan gigi, sekaligus juga membersihkan di waktu yang bersamaan.

Selain itu, kebanyak sikat gigi elektrik juga memiliki fitur timer yang akan berhenti berputar saat waktunya telah habis. Dengan begitu, risiko menyikat terlalu lama dan terlalu keras yang justru merusak gigi akan dapat dihindari.

  • Lebih Efektif Mengurangi Plak dan Radang Gusi

Kelebihan sikat gigi elektrik yang pertama adalah lebih efektif mengurangi plak dan gingivitis. Sikat gigi elektrik terbukti ampuh mengurangi plak 21 persen lebih banyak dan menurunkan risiko gingivitis (radang gusi) hingga 11 persen setelah penggunaan rutin selama 3 bulan.

Selain itu, penggunaan sikat gigi elektrik juga dapat meningkatkan kesehatan gusi. Hal ini didapatkan dengan adanya fitur bulu sikat berputar sekaligus bolak-balik pada sikat gigi elektrik yang dinamakan fitur rotation oscillation.

  • Cocok untuk Anak-anak

Dengan kemudahan yang diberikan sikat gigi elektrik, tentunya hal ini sangat cocok bagi orang-orang yang belum mengetahui cara menyikat gigi yang benar seperti anak-anak, atau memiliki keterbatasan menggunakan tangan seperti orang lanjut usia dan memiliki penyakit arthritis.

Dengan sikat gigi elektrik, semua yang perlu kamu lakukan hanya memposisikan sikat gigi pada sudut 45ยบ dan biarkan sikat bekerja dengan sendirinya. Tentunya hal ini sangat bagus untuk kamu yang pemalas.

Kekurangan Sikat Gigi Elektrik

  • Mahal dan Tidak Praktis

Kekurangan pertama dari sikat gigi elektrik adalah harganya yang mahal. Selain itu, pembiayaannya juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. Kepala sikat gigi yang harus diganti sesering mungkin, dan penjualannya yang terpisah tentu bisa membuat kantongmu menipis.

Apalagi, sikat gigi elektrik ini juga rentan rusak jika terjatuh. Walaupun sudah menghabiskan banyak uang, kamu belum tentu mendapatkan kesehatan gigi yang lebih baik dibandingkan menggunakan sikat gigi biasa.

Selain itu, sikat gigi elektrik juga tidak praktis dibawa kemana-mana. Hal ini karena sikat igig elektrik memiliki ukuran yang cukup besar, dan juga menggunakan baterai yang harus diganti atau diisi dayanya. Jadi kamu harus membawa charger sikat gigi tersebut juga kemana-mana.

  • Meningkatkan Bakteri dalam Darah

Sikat gigi elektrik juga berpotensi menimbulkan risiko meningkatnya bakteri dalam darah, terutama bagi orang-orang yang memiliki kondisi jantung tertentu.

Sikat Gigi Manual
Sikat Gigi Manual

Kelebihan Sikat Gigi Biasa atau Manual

  • Efektif Membersihkan Gigi dengan Teknik yang Benar

Sikat gigi manual tentunya juga dapat membersihkan gigi dengan efektif. Hal ini bisa kamu dapatkan bila kamu menyikat gigi dengan teknik yang benar. Tekni yang benar inilah yang harus kamu ketahui.

Menyikat gigi sampai benar-benar bersih hanya membutuhkan waktu dua menit dan kamu dijamin bisa mencapai kebersihan mulut dan gigi yang optimal hanya dengan sikat gigi biasa. Kamu hanya perlu menghindari tekanan yang terlalu besar dalam menggunakan sikat gigi manual ini.

  • Murah dan Praktis

Salah satu kelebihan yang paling jelas dari sikat gigi manual adalah harganya yang cukup murah. Selain itu, sikat gigi manual juga praktis dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan charger atau baterai cadangan seperti sikat gigi elektrik. Disarankan kamu rutin mengganti sikat gigi selama 3 bulan sekali.

Sikat gigi manual juga memiliki berbagai variasi produk. Berbagai model seperti, jenis bulu sikat, bentuk kepala, hingga warna yang bebas kamu pilih sesuka hati. Kamu bisa memilih bulu sikat gigi yang halus lembut untuk gigi sensitif, dan kepala sikat yang kecil jika mulut kamu kecil. klik disini dan dapatkan jutaan rupiah

Kekurangan Sikat Gigi Biasa

  • Perlu Tenaga dan Waktu Lebih Lama

Sikat gigi manual tergantung kepada bagaimana kamu membersihkan gigi. Selain harus memahami teknik menyikat gigi yang benar dan efektif, kamu juga harus menggerakkan sikat gigi bolak balik di dalam mulut.

Diperlukan tenaga dan waktu yang lebih lama agar kegiatan menyikat gigi kamu lebih efektif. Kamu harus benar-benar memperhatikan berapa lama kamu menyikat gigi dan tekanan yang diberikan saat sikat gigi.

Menggunakan sikat gigi manual atau sikat gigi elektrik, kamu harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Kamu harus menyikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berfluorida selama dua menit, dua kali sehari.

Baca Juga : Citra Kirana Unggah Potret Kenakan Gaun Pengantin, Rezky Aditya: Punya Gue!