Olahraga merupakan kebutuhan mutlak manusia. Sebab, dengan berolahraga maka metabolisme akan semakin lancar. Tapi, tak jarang, banyak orang yang berolahraga justru mengalami cedera. Nah, di bawah ini ada beberapa cara mencegah risiko cedera saat berolahraga, simak yuk.

Fungsi utama dari olahraga adalah untuk menjaga kesehatan. Meskipun di zaman sekarang ini olahraga juga sudah menjadi sebuah lifestyle atau gaya hidup. Kemudian, walaupun kegiatan olahraga ini sangat positif, tetapi bukan berarti tidak memiliki risiko.

Melansir dari Jawa Pos (18/11), dr Gede Chandra P. Yudha SpOT mengatakan bahwa anak-anak, perempuan, dan lansia memiliki kemungkinan cedera yang lebih tinggi. Selain itu, orang-orang yang melakukan jenis olahraga high-impact juga memiliki risiko cedera yang sama tingginya.

Oleh karena itu, dokter Gede menyarankan untuk melakukan pemanasan. Dengan adanya pemanasan ini, maka risiko cedera setidaknya akan berkurang. Jenis pemanasan yang bisa dilakukan adalah stretching dan warming-up.

Hubungi Kami, Untuk Main Judi Sekarang! SIAP MELAYANI 24 JAM..

Flower

Dengan melakukan pemanasan maka tubuh tidak akan kaget dan siap untuk menerima intensitas beban saat berolahraga. Sehingga tubuh siap untuk melakukan olahraga dan kesehatan tubuh pun akan terjaga.

Pertolongan Pertama Cedera

Meskipun sudah melakukan pemanasan, baik stretching dan warming-up, peluang untuk terjadi cedera tetap masih ada. Maka dari itu, jika mengalami cedera saat berolahraga, ada empat hal yang bisa dilakukan.

Pertama, adalah segera hentikan kegiatan atau aktivitas olahraga. Karena jika tetap dilanjutkan maka cedera bisa menjadi semakin parah.

Kedua, melihat penanganan di olahraga sepak bola, maka setelah para pemain cedera, mereka langsung beristirahat dan langsung dikompres dengan es. Tindakan itu sudah tepat.

Ketiga adalah membalut badan yang cedera dengan menggunakan perban elastis. Fungsi dari pembalutan perban ini adalah untuk mengurangi pembengkakan.

Keempat, jika dalam posisi tidur telentang, maka bagian tubuh yang cedera harus diposisikan lebih tinggi dari jantung. Fungsi dari memosisikan bagian tubuh yang cedera ini selalu berada di atas jantung adalah supaya bengkak atau memar yang ada segera kempes.

Itulah empat pertolongan pertama yang perlu dilakukan jika mengalami cedera. Tapi, lebih baik jika saat berolahraga tetap berhati-hati dan melakukan pemanasan, supaya tidak cedera.