Viralnesia- Sekilas sih seperti pohon apel biasa, tapi siapa sangka jika ada sebuah cerita menarik dari pohon apel yang kabarnya disebut-sebut sebagai salah satu yang menginspirasi Isaac Newton menemukan teori gravitasinya.

Ya, kisah tentang Isaac Newton dan sebutir apel memang sangatlah masyhur hingga hari ini. Meski banyak pendapat mengkategorikan kisah Newton dan apel hanyalah isapan jempol semata. Namun, ternyata banyak catatan yang mengkonfirmasi kebenaran tersebut.

gaya gravitasi newton dan apel
Salah satu hasil cangkokan apel Newton di Universitas Cambridge (Dok. Istimewa)

Sampai saat ini, pohon apel tersebut masih berdiri kokoh di Lincolnshire, Inggris. Dilansir dari Amusing Planet, bahwa catatan John Conduitt menyebutkan bahwa peristiwa jatuhnya apel yang sangat menginspirasi Newton tersebut terjadi di tahun 1666.

Conduitt adalah suami keponakan Newton sekaligus sebagai seorang asistennya di Royal Mint. Peristiwa tersebut kabarnya terjadi di rumah masa kecil Newton, yaitu di Woolsthorpe Manor.

Newton kembali ke tempat tersebut ketika Cambridge University ditutup akibat wabah yang melanda. Disinilah, ia menjalankan sejumlah eksperimen yang kelak berbuah sebagai penemuan yang besar, dimana hukum gravitasi bisa diciptakan.

rumah Isaac Newton dan Pohon Apel
Pohon apel Newton di kediamannya Woolsthorpe Manor (Dok. Istimewa)

Meski ia tak pernah menyebutkan, dimana ia menyaksikan apel tersebut jatuh, kemungkinan buah yang berasal dari sebuah pohon apel di halaman rumahnya-lah yang santer disebutkan sebagai peristiwa besar tersebut.

Pohon apel tersebut dirawat oleh keluarga Woolerton sejak tahun 1750an. Meski badai pada tahun 1816 sempat menumbangkannya, namun sebagian batangnya masih menancap di tanah dan kemudian tumbuh kembali.

Pohon Apel Newton
Pohon apel Newton di University of York (Dok. Source)

Sampai hari ini, pohon apel tersebut dilindungi oleh National Trust, dimana cangkokannya disebar ke seluruh Inggris. Ada yang ditanam di Departemen Fisika University of York, Trinity College, dan di bawah kamar Newton di Cambridge University. Bahkan, ada pula yang ditanam di Bariloche Institute, Argentina.

Bukan menjadi hal yang mengherankan, jika pohon ini dianggap begitu berharga karena lewat tumbuhan tersebut hukum newton tentang gravitasi bisa lahir. Takh hanya itu, pohom tersebutlah memang menjadi salah satu saksi sejarah akan  penemuan penting dalam sejarah ilmu pengetahuan.