Viralnesia– Kamu penggemar olahraga basket? Tahu nggak sih kalo hari ini ternyata merupakan sebuah momen penting bagi asosiasi basket Amerika yaitu NBA. Tepat pada hari ini, 69 tahun lalu menjadi saksi bagi sejarah bola basket Amerika.

Ya, 03 Agustus 1949 adalah tonggak penting atas terbentuknya National Basketball Association (NBA). Terbentuknya asosiasi tersebut menjadi titik lebur persaingan kedua asosiasi yaitu Basketball Association of America (BAA) dan National Basketball League (NBL) yang mengendurkan egonya demi majunya kompetisi bola basket di Amerika Serikat.

3 Agustus 1949 adalah tonggak penting atas terbentuknya National Basketball Association (NBA).
3 Agustus 1949 adalah tonggak penting atas terbentuknya National Basketball Association (NBA) (Dok. Istimewa)

Kala itu, BAA yang baru berdiri pada tahun 1946 menantang hegemoni NBL yang sudah berusia sembilan tahun. BAA didirikan secara mandiri di kota-kota besar dibandingkan dengan NBL yang hanya bercokol di beberapa kota-kota kecil seperti Fort Wayne, Shebogyan, dan Akron.

Tak hanya itu, perselisihan di antara kedua penyelenggara pun juga sangat tampak dengan perbandingan tempat pertandingan, dimana NBL yang hanya mengadakannya di gimnasium kecil dan BAA memainkannya di arena besar seperti Taman Boston dan Madison Square Garden New York City.

Perseteruan pun semakin memanas, hingga puncaknya pada musim 1948-1949, dimana BAA mendapatkan hati para pemain terbaik negara dan empat tim NBL seperti Fort Wayne, Indianapolis, Minneapolis, dan Rochester pindah ke BAA dengan membawa para pemain bintang mereka.

Disamping itu, pindahnya pebasket kondang George Mikan ke klub yang berlaga di BAA menjadi daya tarik terbesar akan prestisius liga tersebut.

George Mikan
George Mikan (Dok. Istimewa)

Angin segar dunia basket Amerika pun akhirnya muncul di tahun tersebut tepatnya tanggal 3 Agustus, dimana perwakilan dari kedua liga tersebut bertemu di kantor BAA di Gedung Empore State New York untuk menyelesaikan merger.

Maurice Podoloff, kepala BAA terpilih sebagai ketua liga baru. Dan berdirilah NBA yang di dalamnya terdiri dari 17 tim yang mewakiliki kota-kota kecil dan kota-kota besar di seluruh penjuru Amerika Serikat.

Namun, sepanjang tahun 1950an jumlah tim yang ikut berkompetisi di dalamnya pun semakin berkurang, seiring dengan menurunnya penggemar bola basket Amerika Serikat.

NBA bola basket
NBA merupakan hasil kesepakatan kedua liga BAA dan NBL (Dok. Istimewa)

Dan pada musim 1954-1955, hanya terdapat delapan tim yang tersisa untuk unjuk gigi di kompetisi NBA. Akhirnya, kompetisi pun berubah seiring dengan penciptaan waktu yang baru, dimana membuat permainan lebih cepat dan lebih menyenangkan untuk ditonton.

Dengan sistem peraturan yang baru, gairah para pendukung untuk menyaksikan bola basket pun lambat laun kembali normal. Hingga sampai saat ini, NBA mempunyai 30 tim dan mampu menarik pemain dan jutaan penggemar yang datang dari seluruh penjuru dunia. Selamat ulang tahun NBA!