Semakin hari, era motor listrik akan semakin terealisasi sebagai salah satu alat transportasi masa depan yang keluar dengan jargon ramah lingkungan.

Tak mau kehilangan momen, produsen motor Yamaha pun tak mau ketinggalan untuk menyambut era tersebut. Nah, sebagai salah satu produsen alat transportasi terkemuka, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan sepeda motor listriknya yang bernama E Vino pada Rabu (1/1) lalu.

Menurut Minoru Morimoto, Presiden Direktur YIMM, di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (1/11) mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan tersebut tengah giat-giatnya melakukan studi pasar untuk motor listrik di Indonesia.

Morimoto juga menjelaskan bahwa sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri juga sudah dimulai pada 1933, dimana saat itu Yamaha Motor sudaj mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama, yaitu Yamaha PAS (Power Assist System).

Hubungi Kami, Untuk Main Judi Sekarang! SIAP MELAYANI 24 JAM..

Flower

Yamaha E Vino

Di pasar global, produk Yamaha tersebut telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Perangkat tersebut kemudian digunakan pada sepeda dan kursi roda. Yamaha pertama kali memang telah memperkenalkan sepeda motor listrik pada tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Hingga pada akhirnya, Yamaha terus mengembangkan produk motor listrik lainnya seperti EC 03, E Vino di ajang Tokyo Motor Show.

“Sampai saat ini penjualan produk motor listrik Yamaha pun telah merambah di kawasan Eropa di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit,” ungkapnya.

Dyonisius Beti, Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Operating Officer PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing juga menjelaskan bahwa saat ini perusahaan juga belum bisa memastikan kapan pabrikan memasarkan motor listrik untuk pasar dalam negeri. Yang pasti, YIMM akan terus melihat perkembangan dari tes pasar motor listrik yang akan berlangsung selama enam bulan hingga satu tahun itu.

Beti juga belum dapat memastikan harga Yamaha E Vino jika nantinya dipasarkan di Indonesia. Di Jepang, motor listrik pun dijual dengan kisaran harga Rp 26 juta, namun ia pun memprediksi bila diproduksi di Indonesia, harganya pun bisa jauh lebih murah.

Nah, mari kita tunggu kedatangan motor listrik yang akan datang di Indonesia ini!