Viralnesia- Tak hanya pecinta musik, seorang yang awam dengan dunia musik pun tentu mengenal sosok Beethoven. Dialah seorang komposer asal Jerman yang sangat terkenal hingga hari ini berkat karya-karya besar yang berhasil ia ciptakan seperti Moonlight Sonata, Egmont Overture, dan sebagainya.

Namun, di antara komposisi musik yang agung tersebut terdapat sebuah karyanya yang sangat terkenal yaitu Fur Elise. Ya, Fur Elise adalah sebuah karya Beethoven yang sangat istimewa dan masih menjadi misteri sampai hari ini akan cerita di balik susunan partitur yang indah tersebut.

Banyak pengamat menduga bahwa karya ini lahir untuk didedikasikan kepada seorang yang begitu penting dalam hidupnya yaitu seorang perempuan bernama Elise (jika merujuk pada arti dari karya tersebut Fur Elise=untuk Elise). Namun, siapakah sebenarnya Elise dan Beethoven?

Beethoven mempunyai kisah cinta yang begitu menyedihkan, mulai dari ditolak, dikhianati, hingga kegagalan menikah. Bagi seniman besar seperti dirinya, semua pengalaman hidup dan semua kegembiraan maupun kesedihan menjadi sumber inspirasi atas karya-karyanya.

Fur Elise atau yang dikenal dengan Bagatelle No.25 in A minor ini dituliskan oleh Beethoven tepat pada musim semi 1810 yang ia alamatkan kepada seorang perempuan bernama Elise, dan siapakah Elise?

Mengungkap Elise dalam Fur Elise

Sejarah Fur Elise Beethoven
Foto Elisabeth Rockel yang disebut-sebut sebagai sosok Elise yang sebenarnya (Dok. Istimewa)

Dalam riwayatnya, banyak orang menyangka bahwa Elise dalam karya Beethoven ini adalah seorang perempuan bernama Therese Malfati. Dia adalah seorang anak dokter pribadi Beethoven yang konon kabarnya sempat menjadi tunangannya dan hal tersebut salah besar. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Elise merujuk pada sebuah nama bernama Elisabeth Rockel.

Elisabeth Rockel adalah adik dari sahabat Beethoven yaitu Joseph Rockel. Elise dikenal sebagai gadis yang ceria dan sangat berbakat di bidang musik, dimana pada 1810 ia pergi ke Bamberg untuk memulai debutnya dalam bernyanyi.

Bukan sepasang kekasih

Sejarah lagu Fur Elise Beethoven
Rambut Beethoven diawetkan di sebuah Museum (Dok. Istimewa)

Menariknya dari kisah Beethoven dan Elise tersebut ternyata bukanlah sepasang kekasih melainkan dua sahabat yang sangat dekat. Pernikahannya dengan Johan Nopommuk Hummel bahkan sama sekali tak mengganggu persahabatan mereka. Elise pun juga sempat mengunjungi Beethoven beberapa hari sebelum ajal menjemput sang maestro musik tersebut tepat pada Maret 1827, dimana ia juga memotong sedikit rambut Beethoven untuk sebuah kenang-kenangan, dan sampai hari ini rambutnya berada di museum.

Persahabatan inilah yang membuat Beethoven menulis lagu yang diperuntukkan kepada Elise, Fur Elise dengan membubuhkan kata-kata “sebagai kenangan”.

Namun, mengapa Elise yang sebenarnya bisa terlupakan dalam sejarah? jawabannya adalah kesalahan persepsi antara Elisabeth Rockel dengan Therese Malfati. Menurut Max Unger,  Elise dalam hal ini adalah Therese Malfati hingga ia mengganti judul Fur Elise menjadi Fur Therese. Sejarah pun terungkap pada 1865, dimana Ludwig Nohl menemukan Elise yang sebenarnya, namun pendapatnya tersebut masih diragukan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here