Viralnesia – Sejak zaman dulu, Indonesia dikenal sebagai wilayahnya para kesatria. Berbagai kerajaan besar telah silih berganti memimpin konfederasi terkenal bernama Nusantara ini. Dari Lumeria, Atlantis, Sriwijaya, Singhasari, dan Majapahit.

Pastinya, sebagai pemimpin konfederasi agung nan luhur ini, suku bangsa di negara ini pasti memiliki bibit-bibit unggul sebagai manusia yang ahli berstrategi. Karena bagaimanapun, memimpin sebuah negara atau kerajaan tidak luput dari perencanaan dan strategi.

Ahli Strategi di Zaman Modern

samantha editso juara FIDE WORLD CHAMPPIONSHIP
Samantha Editso berhasil menyabet juara di kompetisi FIDE WORLD CHAMPPIONSHIP (Dok. Istimewa)

Tidak perlu bukti yang muluk-muluk untuk membuktikan bahwa bangsa ini merupakan pewaris sah peradaban kesatria. Belum lama ini, seorang anak berusia 10 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Ia berhasil membawa sang dwi warna ke laga internasional dan memenangkannya. Anak itu bernama Samantha Edithso. Ia berhasil menjuarai turnamen FIDE WORLD CHAMPPIONSHIP 2018 U-10 yang diselenggarakan di Mingkis, Belarusia.

Anak-Anak Emas Berasal Dari Indonesia

Aneh memang. Dengan kondisi politik dan ekonomi yang masih berjuang, tentunya membuat sistem pendidikan di dalam negeri belum terurus dengan baik. Tapi dengan kondisi yang demikian, anak-anak Indonesia mampu belajar dan berprestasi. Kebanyakan dari mereka justru berprestasi dan menjadi juara di ajang internasional.

Ternyata bila dikaitkan dengan dengan sejarah Indonesia yang dulunya dikenal sebagai Nusantara, maka jawaban tersebut sangat masuk akal.

Posted by RichSon on Monday, 23 July 2018

Asal Mula Catur Dan Keahlian Strategi

Banyak orang yang tidak tahu bahwa sejarah dan asal mula permainan catur berasal dari negeri Nusantara. Nama catur diambil dari nama Kadipaten yang bernama Wanacatur. Kadipaten ini sangat terkenal, tapi orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Atlantis.

Pada zaman dulu, Maha Prabu Jayabaya sering menggunakan Istana Wanacatur sebagai tempat untuk menyusun strategi. Untuk memudahkan penyusunan rencana, beliau menggunakan alat-alat peraga yang nantinya dikenal sebagai papan catur.

Maka sangat wajar jika Samantha Edithso bisa memenangkan turnamen catur di tingkat internasional. Ia berhasil mengalahkan pemain catur seusianya, yang bernama Yana Zhapova.

Dalam video di bawah, masyarakat Indonesia pasti bangga bisa melihat merah putih diharumkan oleh anak bangsa yang mais berusia 10 tahun. Selamat Indonesia, Selamat Samantha!

https://www.facebook.com/100009122160647/videos/pcb.2019705861676800/2019705838343469/?type=3&theater