Viralnesia – Khitan atau sunat sudah menjadi kewajiban untuk laki-laki. Kewajiban ini diberikan kepada anak cucu dan pengikut nabi Ibrahim. Sehingga ada tiga agama besar yang masih menjalankan kewajiban ini, yakni Yahudi, Nasrani, dan Islam.

Biasanya khitan dilakukan saat masih kecil, karena proses penyembuhan anak kecil lebih cepat bila dibandingkan dengan orang dewasa. Tapi ada juga yang melakukannya ketika sudah berusia cukup.

Khitan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi untuk anak-anak yang akan melaluinya. Mereka perlu mengalahkan rasa takut dan khawatir yang menyelimutinya. Untuk memberikan kepercayaan kepada anak-anak dan keluarga, maka untuk dokter atau ahli khitan diharuskan mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR).

malpraktik sunat

Tragedi Sunat Berdarah

Kejadian nahas ini terjadi di Pekalongan. Peristiwa ini berhasil membuat bulu kuduk yang melihat atau mendengarnya berdiri. Seorang bocah yang berinisal MI dengan umur 9 tahun harus mengalami kejadian yang sangat berat untuknya.

Niat hati ingin melaksanakan kewajiban khitan, tapi karena mantri sunat yang dipercaya justru abal-abal, akhirnya kepala kemaluan dari MI menjadi korban. MI kehilangan kepala kemaluannya karena metode yang dilakukan oleh mantri sunat itu adalah khitan laser. Berdasarkan keterangan sementara, alat kelamin dari MI tidak dapat disambung kembali.

Atas kejadian ini orang tua korban melaporkan ke pihak yang berwajib. Pastinya pihak keluarga merasa sangat sedih atas nasib yang menimpa anaknya. Dari laporan tersebut polisi kemudian bergerak cepat dan akhirnya satu tersangka ditetapkan.

Malpraktik Sunat

laser sunat

Tersangka yang merupakan pelaku tragedi khitan berdarah itu berusia 70 tahun. Namanya adalah B. Dari hasil pemeriksaan, B ternyata positif melakukan aksi mal praktik karena tidak memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai mantri sunat atau ahli khitan.

Dari pengalaman ini, masyarakat Indonesia dapat belajar bahwa sebelum menyewa jasa mantri sunat, alangkah baiknya menyelidiki rekam jejak pekerjaannya terlebih dahulu. Bukan karena curiga yang berlebihan, tapi nasib anak laki-laki dan keluarga yang dipertaruhkan.

Lebih baik selalu waspada bukan? Lagipula tidak ada jeleknya jika mencari informasi tahu tentang mantri sunat yang akan kita gunakan jasanya. Atau alangkah baiknya jika mengunjungi mantri sunat yang benar-benar terpercaya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here