Viralnesia - perjanjian pra nikah masih sering dianggap tabu di Indonesia. Padahal, perjanjian ini penting dibuat sebelum menikah untuk memperjelas harta, hak, serta kewajiban pasangan suami istri. Yuk, pelajari dulu apa pentingnya membuat perjanjian pra nikah.

 5 Manfaat Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikah
5 Manfaat Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikah
  1. Memutuskan untuk mengubah status menjadi suami dan istri yang sah memang bukanlah perkara mudah. Beberapa pasangan memilih membuat perjanjian pra nikah juga karena ada beberapa pertimbangan. Tak sedangkal mempersiapkan adanya perpisahan, tapi bukankah manusia sendiri tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan?

2. Tak hanya menguntungkan salah satu pihak, perjanjian ini akan bermanfaat untuk kedua pihak pasangan suami-istri. Salah satu manfaatnya, perjanjian pra nikah bisa melindungi suami atau istri dari beban hutang pasangan masing-masing. Apalagi bagi istri yang terkadang tak tahu dengan jelas urusan bisnis suaminya.

Baca Juga : 5 Pesona Alam Bukit Dieng Yang dirindukan 

3. Ada yang memasukkan kesepakatan tentang hak asuh anak jika salah satu dari pasangan itu berselingkuh. Ada pula yang mencantumkan hal-hal remeh seperti siapa yang mengerjakan pekerjaan domestik rumah tangga. Perjanjian ini juga bisa melindungi hak istri jika pasangannya poligami.

4. Perjanjian ini dibuat berdasarkan komitmen atau kesepakatan kedua individu yang terlibat dalam ikatan pernikahan. Keduanya harus setuju dengan isi yang tertulis di dalamnya. Perjanjian ini masih bisa diubah selama disepakati oleh suami dan istri.

5. Dalam buku nikah memang sudah terdapat janji-janji yang jika dilanggar istri boleh langsung ke pengadilan minta cerai. Namun tak begitu dengan perjanjian pra nikah. Perjanjian ini tidak bisa menjadi alat cerai bila melanggar isi yang sudah disahkan oleh hukum. Karena jika ada yang dilanggar bisa dibicarakan lebih dulu.

Perjanjian akan mengingatkan mengenai komitmen pasangan di awal. Jadi tidak bisa langsung cerai. Apa kamu akan membuat perjanjian ini, Bela? Berikut komentar

"Untuk wanita ketika mereka mau buka usaha tetap bisa melindungi karya mereka sendiri, kemudian buat wanita bekerja apa yang dihasilkan bisa dikelola sendiri dan diatur lebih jelas," tutur Ade Kepada Wama88 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here