viralnesia.org-Pemerintah Amerika Serikat telah memesan sekitar sepertiga dari satu miliar dosis pertama vaksin corona untuk melawan virus Corona atau Covid-19 dari perusahaan AstraZeneca.

ilustrasi gbr vaksin corona
ilustrasi gambar vaksin corona

Sumber mengatakan AS menganggarkan dana sekitar US$1.2 miliar atau sekitar Rp17.6 triliun untuk mendapatkan vaksin ini. Trump melakukan hal ini ketika banyak negara di dunia berebut dan berlomba mendapatkan obat dan vaksin untuk mengembalikan ekonomi negara mereka masing-masing, setelah diterjang virus corona jenis baru ini.

Perusahaan Pembuat Vaksin Corona Dari Inggris

Departemen Kesehatan AS setuju untuk menyediakan sejumlah biaya tersebut guna mempercepat pengembangan vaksin corona dari AstraZeneca dan mengamankan 300 juta dosis untuk negara Paman Sam tersebut.

Vaksin ini dikembangkan oleh Universitas Oxford dan lisensinya diberikan kepada AstraZeneca, yang merupakan perusahaan pembuat obat dari Inggris.

Sayangnya hingga kini, belum pasti apakah vaksin ini dapat menembus kekebalan virus corona pasti. Namun kesepakatan dengan AS memungkinkan uji klinis tahap akhir atau fase III dari vaksin dengan uji coba kepada 30.000 masyarakat di AS.

Inggris Mendapatkan Akses Pertama Untuk Vaksin Corona
Vaksin Corona Viralnesia
Vaksin Corona - Viralnesia.org

Perusahaan farmasi paling berharga pada Indeks FTSE 100 blue-chip Inggris ini setuju untuk memberikan 100 juta dosis kepada orang-orang di Inggris, dengan 30 juta dosis pada September. Para menteri telah berjanji bahwa Inggris akan mendapatkan akses pertama untuk vaksin tersebut.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah AS dan Inggris atas dukungan substansial mereka untuk mempercepat pengembangan dan produksi vaksin," kata Kepala Eksekutif AstraZeneca Pascal Soriot.

Realbola.net merupakan situs prediksi bola terkini yang berisi informasi berita bola, livescore, jadwal pertandingan dan info klasemen hingga link alternatif.

Vaksin Corona - Viralnesia
Dok. Istimewa

Kini sudah ada lebih dari 5,1 juta kasus terjangkit di seluruh dunia, dengan lebih dari 330 ribu kematian, dan lebih dari 2 juta pasien berhasil sembuh. AS sendiri merupakan negara dengan kasus terjangkit terbanyak secara global, dengan lebih dari 1,6 juta kasus, lebih 96 ribu kematian, dan lebih dari 380 ribu sembuh.

AS menempati urutan teratas secara global dengan jumlah kasus infeksi virus Corona mencapai 1.57 juta dan korban meninggal sekitar 94.6 ribu jiwa.

Posisi kedua dan ketiga ditempati Rusia dengan 317 ribu kasus dan 310 ribu kasus. Jumlah korban jiwa akibat infeksi virus Corona di Rusia dan Brasil, masing-masing, sekitar 3 ribu orang dan 20 ribu orang.