yandex
Berita Viral

Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19

Viralnesia - Murah dan banyak tersedia di apotek, dexamethasone terbukti menjadi obat pertama di dunia yang terbukti bisa menyelamatkan nyawa pasien yang menderita Covid-19 di level parah.

Dexamethasone Terbukti Ampuh Obati Pasien Covid-19

Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19
Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19

Para pakar kesehatan di Inggris telah menemukan obat murah yang telah tersedia di pasaran untuk membantu menyelamatkan nyawa pasien akibat virus corona.

Deksametason (Dexamethasone), obat perawatan steroid dosis rendah, adalah terobosan besar dalam perang melawan virus mematikan itu. Obat ini adalah bagian dari percobaan terbesar yang pernah terjadi di dunia yang menguji apakah ini juga bekerja untuk virus corona.

Deksametason  telah digunakan sejak awal 1960-an untuk mengobati berbagai kondisi, seperti rheumatoid arthritis dan asma.

Deksametason  diketahui bisa membantu menghentikan kerusakan pada tubuh saat sistem imun tubuh bereaksi berlebihan. Reaksi berlebih sistem imun tubuh ini - yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah badai sitokin (cytokine storm) - biasa ditemukan pada pasien Covid-19 yang parah.

BACA JUGA: Klasemen Liga Inggris, Man City Kejar Liverpool

Dexamethasone Terbukti Ampuh Obati Pasien Corona
Dexamethasone Terbukti Ampuh Obati Pasien Corona

Menurut penelitian para ilmuwan dari Universitas Oxford, Deksametason terbukti membantu pada pasien yang dirawat di rumah sakit dan harus menggunakan alat bantu pernafasan, termasuk ventilator.

Para ilmuwan di Oxford menggelar penelitian dengan memberikan dexamethasone pada sekitar 2000 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Data hasil pengujian itu dibandingkan dengan 4.000 pasien Covid-19 yang tak diberi obat radang tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa dexamethasone bisa mengurangi risiko kematian sekitar 40 sampai 28 persen pada pasien Covid-19 yang dirawat menggunakan ventilator. Sementara pada pasien yang harus diberikan oksigen, risiko kematian berkurang dari 25 sampai 20 persen.

"Ini satu-satunya obat yang sejauh ini terbukti bisa menurunkan risiko kematian dan penurunan ini sangat signifikan. Ini sebuah terobosan besar," kata Peter Horby, ilmuwan yang memimpin penelitian tersebut.

Sebagaimana ditulis WAMA88, hasil uji coba telah diumumkan Selasa (16/6/2020). Deksametason bisa mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 hingga 1/3 pada kasus-kasus serius.

Ilmuan menyebutnya "terobosan besar". Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa obat ini harus segera menjadi perawatan standar pada pasien.

"Hasilnya menunjukkan bahwa jika pasien yang memiliki Covid-19 dan menggunakan ventilator atau oksigen, lalu diberi deksametason, itu akan menyelamatkan nyawa, dan biaya-pun sangat rendah," kata Martin Landray, seorang Profesor Oxford yang ikut memimpin persidangan penelitian itu.

Percobaan dilakukan dengan membandingkan hasil dari 2.100 pasien yang mendapat deksametason, dengan 4.300 lainnya yang mendapat obat lain. Mereka dipilih secara acak.

Hasilnya, satu kematian bisa dicegah dengan pengobatan deksametason di antara setiap delapan pasien Covid-19 yang menggunakan ventilasi. Satu kematian bisa dicegah di antara 25 pasien Covid-19 yang menerima obat dan menggunakan oksigen.

"Ini adalah satu-satunya obat yang sejauh ini terbukti mengurangi angka kematian dan menguranginya secara signifikan," kata peneliti utama riset ini Peter Horby.

"Deksametason tidak mahal. Tersedia dan dapat segera menyelamatkan nyawa di seluruh dunia."

Situs Permainan Online WAMA88
Situs Permainan Online WAMA88

 

 

Related Articles

Back to top button