yandex
Berita Umum

Gempa Terkini di NTB dan Aceh 4/6/20

Viralnesia - Gempa terkini menggucang beberapa kota di Indonesia. Dari gempa berskala rendah hingga sedang. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami di NTB atau di Aceh, namun skala nya lebih besar di NTB sama seperti gempa sebelumnya di Lombok.

Gempa Terkini di Pulau Saringi Nusa Tenggara Barat

Gempa Terkini di Pulau Saringi Nusa Tenggara Barat
Gempa Terkini di Pulau Saringi Nusa Tenggara Barat

Gempa tektonik terasa hingga ke Mataram, Rabu (3/6) malam sekitar pukul 23.54 WITA. Guncangan terasa beberapa detik sebelum “lindur” ini berlalu.

Laman BMKG melansir gempa ini terjadi di laut 132 Kilometar arah barat laut Pulau Sarangi NTB. Gempa ini berkekuatan cukup besar 6.0 Skla Richter (SR) pada kedalaman 664 kilometer. Meski demikian BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi.

“Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Berbeda dengan gempa 2018 akibat sesar naik busur belakang Flores,”

BACA JUGA: Lisa BLACKPINK Kena Tipu Manager Sendiri

Selain di Lombok gempa juga tersa hingga Denpasar Bali III MMI. Sebelum gempa ini Rabu siang sekitar pukul 12.32 WITA gempa juga terjadi di perairan Lombok Utara. Gempa berkekuatan 3,6 SR pada kedalaman 14 Km.

Sebelumnya (1/6) lalu Ardhianto merinci selama bulan Mei telah terjadi gempabumi sebanyak 494 kejadian di wilayah NTB dan sekitarnya. Namun dari jumlah itu hanya 10 gempabumi yang dirasakan warga NTB. Sebagian besar gempa terjadi dengan magnitude kurang dari 3,0 SR.

“Berdasarkan Frekuensi Kejadian Gempabumi pada bulan Mei 2020, kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 12 Mei 2020 sejumlah 28 kejadian,” ujarnya.

Meski demikian Ardhianto meminta warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa Terkini di Sabang, Pulau Weh Aceh

Gempa Terkini di Sabang, Pulau Weh Aceh
Gempa Terkini di Sabang, Pulau Weh Aceh

Gempa bumi bermagnitudo 4,8 yang mengguncang wilayah Aceh pada pukul 05.31 WIB, Kamis (4/6/2020) dilaporkan menimbulkan kerusakan di Sabang, Pulau Weh.

"Informasi terbaru menunjukkan bahwa gempa ini berdampak kerusakan di Keunekai, Sabang," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, Kamis (4/6/2020).

Berdasarkan analisis BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 5,50 Lintang Utara dan 95,33 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak lima kilometer Tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 kilometer.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 6.40 WIB sudah tercatat delapan kali aktivitas gempa terdiri dari dua gempa pembuka atau gempa pendahuluan (foreshocks), kemudian disusul gempa utama (mainshock), dan selanjutnya diikuti serangkaian lima gempa susulan (aftershocks).

Segmen sesar Aceh adalah salah satu segmen sesar aktif sehingga dapat terjadi akumulasi tegangan (stress) kulit bumi di bagian Utara Sesar Besar Sumatra. Setelah Gempa Aceh 2004 tampak di zona segmen Sesar Aceh ini aktivitas gempanya relatif sepi dari gempa signifikan.

Kondisi semacam ini dapat disebut sebagai "seismic gap" yaitu zona sepi gempa meski sesarnya aktif, hingga satu saat di zona ini dapat terjadi gempa signifikan. Untuk itu Segemen Aceh ini menjadi salah satu segmen sesar aktif yang patut diwaspadai.

Gempa Terkini - Saran Mencari Uang dari Rumah dengan Bermain Permainan Online
Situs Permainan Online Terpercaya
Situs Permainan Online Terpercaya

Silakan bergabung dengan situs permainan online WAMA88. Situs terbaik tahun 2020. Kamu bisa bermain DOTA, PUBG, MOBILE LEGEND, FIFA 2020 dan PES 2020 yanga da di Playstore semua bedanya jika kamu menang bisa mendapatkan uang. Yuk daftarkan dirimu di WAMA88.biz.

Related Articles

Back to top button