Viralnesia - Penyakit Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

kenali gejala penyakit diabetes
cegah gejala penyakit diabetes

Ada dua jenis utama penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2

Penyakit ini disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon tertentu.

Baca juga : Tips Tidur Berkualitas dalam Waktu Singkat

Sedangkan pada diabetes tipe 2, gangguan ini terjadi akibat tubuh tidak efektif menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif dibandingkan kadar glukosa darah.

Kadar glukosa yang tinggi ini dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf, sehingga mengakibatkan berbagai macam komplikasi.

kenali gejala penyakit diabetes
gejala penyakit diabetes

Beberapa gejala penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2, antara lain

  • Sering merasa haus.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari.
  • Rasa lapar yang terus-menerus.
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.
  • Lemas dan merasa lelah.
  • Pandangan yang kabur.
  • Luka yang lama sembuh.
  • Sering mengalami infeksi pada kulit, saluran kemih, gusi, atau vagina.

Gaya hidup sehat adalah pilihan paling efektif untuk mencegah diabetes dan hipertensi. Namun, bila diabetes dan hipertensi telah Anda alami, itu bukanlah akhir dunia.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diabetes dan hipertensi. Mulai dari pengobatan dokter, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, hingga memanfaatkan bahan herbal.

Sejumlah bahan herbal dipercaya dapat mengontrol diabetes dan hipertensi, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup penderita.

pencegah gejala penyakit diabetes
Sayuran pencegah gejala penyakit diabetes

Jumlah penderita diabetes di dunia diperkirakan mencapai 415 juta orang, Jumlah tersebut diperkirakan akan naik menjadi 642 orang pada tahun 2040.

Sedangkan di Indonesia, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi diabetes naik menjadi 8,5 persen dari 6,9 persen pada Riskesdas 2013.

Sedangkan untuk jumlah penderita hipertensi, sebuah survei di tahun 2018 menyebutkan bahwa satu dari tiga orang partisipan di Indonesia mengalami hipertensi dengan tekanan darah 130/80 mmHg atau lebih.

Survei yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (InaSH) tersebut mengumpulkan data dari lebih 72.000 orang di 34 provinsi di Indonesia.

Sekian info dari Realbola, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dn kami ucapkan terimakasih.