yandex
Kesehatan

Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

Viralnesia - Sapodilla atau yang lebih dikenal buah sawo merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang berwarna coklat tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

manfaat buah sawo bagi kesehatan
manfaat buah sawo bagi kesehatan

Buah ini berasal dari Meksiko dan populer dibudidayakan di daerah tropis termasuk Indonesia. Sawo termasuk buah yang mudah dicerna dan mampu memberikan energi dengan cepat.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat olahan menjadi jus.

Buah ini sangat digemari masyarakat Indonesia karena rasa manis, legit, dan dagingnya yang lembut.

Buah bernama sawo ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, folat, dan berbagai macam mineral penting bagi tubuh Anda, seperti kalsium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

Perlu diperhatikan bila Anda penderita penyakit diabetes dan tidak dianjurkan untuk penderita penyakit diabetes.

Kandungan gula yang dimilikinya cukup tinggi dan berakibat fatal bila dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

khasiat buah sawo untuk daya tahan tubuh

khasiat buah sawo
khasiat buah sawo

1. Mencegah Anemia
Sawo memiliki khasiat untuk mencegah anemia. Zat besi yang tinggi di dalamnya membantu memproduksi sel darah merah dengan baik.

Mengonsumsi secara rutin menghasilkan kadar hemoglobin di tubuh Anda yang mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Merawat Kulit Anda
Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah sawo membantu tubuh mengusir radikal bebas.

Antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi sebagai antiperadangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri. Senyawa polifenol di dalamnya bisa mencegah keriput dini pada kulit, dan Anda terlihat tetap awet muda.

Baca juga : 5 Tips menjaga berat badan ideal saat puasa 

3. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang terkandung di dalamnyabermanfaat menjaga kesehatan mata Anda. Mengonsumsi buah sawo secara teratur dapat meningkatkan fungsi penglihatan dengn baik.

Berguna untuk menunda penyakit mata yang berkaitan dengan faktor usia, seperti degenerasi makula.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah sawo mengandung sukrosa dan fruktosa yang bisa memberikan energi untuk tubuh Anda. Energi yang dihasilkan dari buah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Antiinflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh Anda. Vitamin C di dalamnyamengembangkan resistensi terhadap agen infeksi yang bergunan untuk membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh Anda.

Selain vitamin C, juga kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin B. Antioksidan polifenolik pada buah ini memiliki sifat antivirus, antiparasit, dan antibakteri.

Related Articles

Back to top button