yandex
Kesehatan

Penyebab Gusi Bengkak Ada 8 Jenis

Viralnesia - Penyebab Gusi Bengkak, mungkin pernah di alami dengan anda. bengkak pada gusi tentu dapat menimbulkan ketidaknyaman di mulut yang sangat menggangu pada saat kita makan.

Faktor Gusi bengkak
Faktor Gusi bengkak

Gusi merupakan jaringan keras berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang dan juga tebal, berserat dan di penuhi oleh pembuluh darah.Dan ketika membengkak gusi akan menonjol, tampak merah dan menutupi sebagaian gigi.

Penyebab Gusi Bengkak di antara nya sebagai berikut

1. Sisa - Sisa Makanan

Faktor Gusi bengkak
Faktor Gusi bengkak

Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik dapat tertinggal di antara sela-sela gigi dan gusi. Hal tersebut dapat terjadinya pertumbuhan dan penumpukan kuman. Akibatnya, gusi pun mengalami iritasi dan pembengkakan.

2. Radang Gusi

Faktor Gusi bengkak
Faktor Gusi bengkak

Radang gusi menjadi penyebab paling umum dari bengkak gusi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk hingga plak menumpuk di antara sela gigi dan gusi.

Jika tak juga dibersihkan, maka plak bisa menjadi karang gigi yang mengeras. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya peradangan pada gusi yang ditandai dengan nyeri ringan dan gusi jadi mudah berdarah.

3. Perubahan Hormon

Faktor Gusi bengkak
Pergantaian hormon

Gusi bengkak juga dapat terjadi selama masa kehamilan meski ibu memiliki kesehatan mulut yang baik. Sebab kehamilan menyebabkan perubahan hormon yang signifikan dan cepat sehingga meningkatkan aliran darah ke gusi.

Peningkatan aliran darah tersebut menyebabkan gusi lebih mudah teriritasi dan mengalami pembengkakan. Selain itu, perubahan hormon ini juga bisa menghambat kemampuan tubuh melawan bakteri yang meningkatkan peluang terkena radang gusi.

4. Kekurangan vitamin

Faktor Gusi bengkak
Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C, dapat menyebabkan bengkak gusi.

Padahal vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin tersebut bisa melindungi gusi agar tidak terinfeksi dan membengkak karena plak yang tersembunyi.

5. Infeksi mulut

Faktor Gusi bengkak
Infeksi Mulut

Infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi menyebabkan bengkak gusi . Misalnya pada infeksi virus herpes. Selain itu, gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan juga akan menimbulkan abses gigi yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi sekitar gigi yang berlubang.

Cara Menyembuhkan Penyebab Gusi Bengkak :

Agar bisa sembuh dengan baik, perawatan bengkak pada gusi harus dilakukan sesuai penyebabnya.

Misalnya jika penyebab bengkak yang anda alami adalah karena penumpukan karang gigi, maka solusinya adalah dengan scaling gigi.

Sementara apabila bengkak pada gusi disebabkan oleh diabetes, maka solusinya adalah dengan menurunkan kadar gula darah.

Jika kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, bisa di coba meredakannya sementara dengan kumur air garam atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Hanya saja, perlu ingat bahwa kedua hal ini bukanlah solusi yang menyembuhkan melainkan hanya meredakan nyeri untuk sementara waktu.

Faktor gusi bengkak
Faktor gusi bengkak

Pastikan juga selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

anda juga disarankan untuk rutin berkumur menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar gusi tidak terasa perih.

Hindari berbagai hal yang dapat membuat gusi teriritasi, seperti halnya merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Jika gusi bengkak tak kunjung sembuh atau bahkan semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Meng - kompres area yang bengkak dengan kompres hangat untuk meredakan nyeri dan kompres dengan air dingin untuk bantu mengecilkan pembengkakan yang terjadi dan Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss agar kotoran dan sisa makanan yang menempel bisa hilang.

Sekian info dari Realbola, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan kami ucapkan terima kasih.

 

Related Articles

Back to top button