yandex
Berita ViralBerita Umum

PSBB Surabaya Tahap 2 Hingga 9 Juni

Viralnesia - PSBB Surabaya diperpanjang hingga 9 juni 2020 dikarenakan lonjakan kasus positif Covid-19 yang sangat tinggi di Provinsi Jawa Timur membuat implementasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diperpanjang hingga 9 Juni 2020.

PSBB Surabaya dan Sekitarnya di Perpanjang

PSBB Surabaya dan sekitarnya diperpanjang
PSBB Surabaya dan sekitarnya diperpanjang

Perpanjangan PSBB tahap ketiga tersebut berlaku di tiga wilayah yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik. Adapun, PSBB tahap kedua sedianya berakhir pada 25 Mei 2020.

Hal ini tak dapat dielakkan mengingat kenaikan kasus Covid-19 di Surabaya sangat tinggi dalam sepekan terakhir. Provinsi Jawa Timur mengalami kasus terkonfirmasi tertinggi nasional, jauh di atas angka pertambahan di DKI Jakarta yang ada di urutan kedua.

Kemudian, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur mencatat tambahan pasien positif di wilayah setempat hingga 23 Mei 2020, pukul 17.00 WIB sebanyak 473 orang.

Khusus di Surabaya Raya, masing-masing rinciannya yaitu Surabaya sebanyak 310 orang, Kabupaten Sidoarjo 84 orang dan Gresik lima orang. Di tiga daerah tersebut, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu Surabaya 1.927 orang, Sidoarjo sebanyak 497 orang, serta Gresik 127 orang.

“Pasien lainnya tersebar di sejumlah daerah di Jatim,” ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi di Surabaya, Sabtu malam.

Secara total, data yang masuk ke Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan mencapai 3.568 orang, sedangkan per kemarin sebanyak 3.095 orang.

PSBB Surabaya Tahap 2 Hingga 9 Juni
PSBB Surabaya Tahap 2 Hingga 9 Juni

Lebaran Idul Fitri di masa PSBB Surabaya, warga pasang tulisan di pagar. Saat ini umat muslim tengah bersuka cita menyambut hari raya Idul Fitri, Minggu (24/5/2020).

Di tengah masa pandemi virus Corona atau covid-19, suasana Idul Fitri amat berbeda. Termasuk masyarakat Surabaya yang kini tengah dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ).

Di masa PSBB Surabaya, warga memajang tulisan di pagar rumah dengan maksud tidak menerima tamu. Warga Karangrejo Sawah Gang VII, Surabaya, memilih Lebaran di rumah dan tak terima tamu dahulu selama merayakan lebaran di tengah wabah covid-19.

Dengan itu, warga turut menerapkan imbauan pemerintah untuk social distancing atau menjaga jarak dan tetap berlebaran di rumah.

Secarik kertas bertuliskan "maaf kami lockdown" terpasang di pagar rumah-rumah warga sebagai penanda tidak menerima tamu saat lebaran karena khawatir risiko penularan virus Corona atau covid-19.

"Dapat imbauan, tidak menerima tamu lagi banyak virus Corona. Daripada ga enak hati kalau ada orang datang kita tolak, jadi diwakilkan kertas ini," kata Kasban, warga Karangrejo Sawah VII Surabaya, Minggu (24/5/2020).

Warga lain pun memilih patuh dengan imbauan untuk tidak mudik, lebaran di perantauan dan berjaga jarak dengan tidak menerima tamu.

Abdullah (58) yang juga warga Karangrejo, memilih untuk tidak mudik ke Lamongan. Bersama istri dan anak tunggalnya, mereka merayakan lebaran di Surabaya dan tidak menerima tamu di rumah.

"Tidak boleh mudik, jadi dari kemarin telepon video call keluarga di rumah (Lamongan). Setiap tahun pulang biasanya sebelum puasa Ramadhan. Tahun ini di Surabaya," kata Abdullah.

Pedagang makanan di sekitar kampus Unesa ini mengaku takut risiko virus Corona terutama di lingkungannya yang banyak usia senja.

"Tidak tahu siapa-siapa yang bawa (virus Corona) daripada nanti sakit, tidak mudik dulu," tutup Abdullah.

Gubernur Jatim Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah

Pemprov Jawa Timur memperpanjang lagi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3 yang akan diberlakukan mulai 26 Mei hingga Senin (9/6/2020) mendatang.

Informasi itu muncul dari Nota Dinas bernomor B/ND- 455 /V/OPS.2./2020/Roops yang dikirimkan oleh Karoops Polda Jatim pada Distribusi A2, B1, dan B2 Polda Jatim perihal Pemberitahuan Perpanjangan PSBB.

Dalam surat tertanggal 23 Mei 2020 itu disebutkan Pemprop Jatim akan memperpanjang pemberlakuan status PSBB untuk wilayah Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) periode 26 Mei hingga 9 Juni 2020.

Nota dinas tersebut ditandatangi Kepala Biro Operasi Polda Jatim, Kombespol Muhammad Firman itu diberitahukan bahwa personel kepolisian yang terlibat dalam Surat perintah Kapolda Jatim diperpanjang sesuai dengan penetapan perpanjangan PSBB jilid III tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin kepada wartawan membenarkan informasi tersebut, Sabtu (23/5/2020). Secara singkat dikatakannya, bahwa di PSBB Surabaya jilid 3 tersebut pihaknya akan menerapkan konsep PSBB berbasis desa.

Bagi kamu yang jenus di rumah aja kamu bisa mencoba bermain permainan online yang juga bisa menjadi penghasilan tambahan selama PSBB. Kamu bisa daftarkan diri mu di agen permainan online seperti WAMA88. Disana kamu akan bisa memainkan permainan games klasik yang sangat menarik.

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button