yandex
Berita Umum

Rupiah Hari Ini,Minggu Depan Rp. 13.565/USD

Viralnesia - Kurs rupiah hari ini menguat tajam melawan rupiah, jauh melewati level psikologis Rp 14.000/US$. Aliran modal yang deras masuk ke dalam negeri menopang penguatan rupiah di pekan ini.

Kurs Rupiah Hari Ini Menguat, Dolar Melemah di Asia

Kurs Rupiah Hari Ini di Asia
Kurs Rupiah Hari Ini di Asia

Di pembukaan perdagangan rupiah hanya menguat tipis 0,07% ke Rp 14.050/US$, tetapi kurang dari 1 jam, Sang Garuda sudah berhasil menembus ke bawah level psikologis Rp 14.000/US$.

Setelahnya rupiah tak terbendung, apresiasi terus berlanjut hingga 1,6% ke Rp 13.835/US$ di pasar spot melansir data Refinitiv. Level tersebut merupakan terkuat sejak 24 Februari. Di penutupan perdagangan, posisi rupiah sedikit terkoreksi ke Rp 13.850/US$ atau menguat 1,49%.

BACA JUGA: Timo Werner di Transfer ke Chelsea

Penguatan rupiah atas dolar AS ini dinilai sejalan dengan pandangan Bank Indonesia bahwa nilai tukar rupiah masih undervalued sehingga ke depannya masih berpotensi menguat.

Menurut Perry, nilai tukar rupiah yang masih undervalued karena dengan inflasi yang rendah pada Mei 2020 di level 0,07%, kemudian defisit transaksi berjalan yang rendah serta perbedaan suku bunga acuan di luar maupun dalam negeri yang tinggi di masa pandemik virus corona ini, rupiah mampu terus menguat atas dolar AS.

dolar Taiwan dan ringgit Malaysia sama-sama terapresiasi 0,41%. Peso Filipina dan yuan China pun berhasil naik, masing-masing 0,36% dan 0,28%.

Baht Thailand juga menguat 0,24%, disusul oleh rupee India yang naik tipis 0,06%. Sedangkan dolar Hong Kong terlihat stabil.

Rupiah dan mata uang negara di Asia Menguat - Rupiah Hari Ini
Rupiah dan mata uang negara di Asia Menguat - Rupiah Hari Ini

Pendapat Gubernur Bank Indonesia, Perry Warijiyo

Rupiah Hari Ini Terus Menguat, Ini faktornya
Rupiah Hari Ini Terus Menguat, Ini faktornya

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI), menilai rupiah yang menguat ini bahkan masih terlalu murah alias undervalued. Oleh karena itu, rupiah masih punya ruang untuk menguat lagi.

Menurutnya, ada empat faktor utama yang mendukung keperkasaan rupiah hari ini. Pertama adalah inflasi domestik yang rendah. Dalam Survei Pemantauan Harga (SPH) pekan pertama Juni, BI memperkirakan inflasi bulan ini masih rendah yaitu 0,4% month-to-month. Secara tahunan (year-on-year) inflasi ada di 1,81%.

Kedua, defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) Indonesia semakin membaik. Pada kuartal I-2020, defisit transaksi berjalan tercatat 1,4% dari Produk Domestik Bruto (PDB), terendah sejak 2017. Sepanjang 2020, defisit transaksi berjalan diperkirakan lebih rendah dari 2% PDB.

Ketiga, perbedaan suku bunga (interest rate differential) antara Indonesia dengan negara-negara lain juga masih tinggi. Misalnya untuk Surat Berharga Negara (SBN) tenor 10 tahun, imbal hasil (yield) berada 7,06%. Jauh di atas instrumen serupa di Amerika Serikat (AS) yang hanya 0,8%.

Faktor keempat adalah penurunan premi risiko yang dicerminkan oleh instrumen Credit Default Swap (CDS). Saat ini CDS Indonesia berada di kisaran 126 basis poin (bps). Pada Maret lalu, CDS sempat menyentuh level tertinggi di 245 bps.

"Itu menunjukkan, penguatan ini sejalan dengan pandangan kami. Nilai tukar rupiah bahkan hari ini pun masih undervalued. Jadi ke depan masih bisa menguat," tegas Perry dalam briefing Perkembangan Ekonomi Terkini.

Selain rupiah, mayoritas mata uang Asia menguat pada sore, hari ini. Dikutip dari Bloomberg, dolar Singapura naik 0,36%, dolar Taiwan 0,41%, won Korea Selatan 0,95%, peso Filipina 0,36%, yuan tiongkok 0,26%, ringgit Malaysia 0,24%, dan baht Thailand 0,27%.

Sedangkan yen Jepang melemah 0,11%. Lalu, dolar Hong Kong dan rupee India stagnan. Indeks dolar AS juga terpantau naik 0,11% ke level 98,79. Mata uang Negeri Paman Sam itu menguat 0,04% terhadap euro dan 0,19% dari franc Swiss.

Rupiah Hari Ini - Saran untuk Pencinta Permainan Online

Bagi kamu yang menyukai permainan online kamu harus bermain disitus Realbola.com karena kamu akan dapat bermain permainan online dengan nyaman dan pasti menang. Jika kamu berhasil menang kamu bisa langsung melakukan withdraw.

Dalam Realbola ini banyak jenis permainan nya. Kalian bisa bermain tembak ikan, PUBG, Mobile Legend, DOTA, PES ataupun FIFA. Jika kamu tertarik dengan permainan poker holdem juga kamu bisa memainkannya di situs realbola. Untuk itu langsung saja daftarkan dirimu. Daftar hari ini menang hari ini juga. Buruan daftar cukup dengan Rp. 25.000.

Related Articles

Back to top button