yandex
Berita Viral

Rupiah Terkuat di Asia, Dolar AS Turun Mendekati Level Rp 14.000

Viralnesia - Nilai tukar rupiah terkuat di Asia bergerak tajam terhadap dolar as, pada kamis (30/4/2020), kurs tengah bi atau kurs acuan jakarta interbank spot dollar rate/jisdor menunjukkan angka rp 15.157. Rupiah menguat tajam 1,67% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Sementara di pasar spot, rupiah juga nyaman di jalur hijau. Pada pukul 10:00 wib, us$ 1 setara dengan rp 14.950 di mana rupiah menguat 2,03% dan berada di posisi terkuat sejak 13 maret.

Rupiah terkuat di Asia diikuti beberapa mata uang negara lainnya seperti China, Hongkong, India, Jepang dkk

Rupiah terkuat di asia
kurs dolar AS vs mata uang Asia

Mata uang asia lainnya memang menguat, tetapi penguatan rupiah adalah yang paling tajam. Alhasil, rupiah jauh berada di atas para tetangganya di 'klasemen' mata uang benua kuning.

Rupiah terkuat di Asia dan memimpin penguatan mayoritas mata uang asia dari dolar as. Penguatan juga dirasakan oleh rupee india 0,68 persen, won korea selatan 0,52 persen, dan ringgit malaysia 0,47 persen.

Kemudian, peso filipina 0,33 persen, yen jepang 0,33 persen, dolar singapura 0,23 persen, baht thailand 0,18 persen, dan yuan china 0,09 persen. Hanya dolar hong kong yang stagnan dari mata uang negeri paman sam.

Jadwal terbaru, prediksi akurat, tebak score, permainan game online, prediksi terkini dapatkan semua pemberitahuan terupdate hanya di Realbola.net

Rupiah terkuat di Asia
Rupiah menguat

Mata uang utama negara maju juga kompak berlabuh ke zona hijau. Rubel rusia menguat 0,64 persen, dolar australia 0,58 persen, euro eropa 0,44 persen, dolar kanada 0,42 persen, franc swiss 0,33 persen, dan poundsterling inggris 0,12 persen.

Hal ini menjadi sorotan pelaku pasar karena pemerintah justru ingin membuka penutupan akses wilayah (lockdown) di sejumlah negara bagian.

Data ekonomi as belum juga memunculkan tanda-tanda perbaikan, seperti tingkat kepercayaan konsumen dan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan jatuh ke minus 4 persen.

Harga minyak mentah wti masih cukup rendah di kisaran us$14,25 per barel, meski sudah membaik dari kontraksi terdalam pada pekan lalu.

Sementara dari dalam negeri, ibrahim melihat fenomena rupiah terkuat di Asia mendapat sokongan dari penerapan pembatasan sosial berskala besar (psbb) dalam rangka penekanan pandemi corona.

Kondisi pandemi di dki jakarta mulai menurun, mengindikasikan kemungkinan psbb di awal juni akan dilonggarkan dan diikuti provinsi lain, sehingga perekonomian kembali berjalan lagi. Ini membuat arus modal asing yang membanjiri pasar valas dan obligasi.

Baca Juga : KFC Indonesia Menutup 100 Gerai Hingga Potong 50% THR Karyawan

Related Articles

Back to top button