viralnesia - Pada kemaren pagi masyarakat indonesia di hebohkan oleh suara dentuman misterius yang berasalkan dari Kota Bandung, Jawa Barat. Belum diketahui secara pasti suara tersebut berasal dari mana.

Di duga suara dentuman berasal dari anak gunung krakatau
Di duga suara dentuman berasal dari anak gunung krakatau

Dentuman misterius itu terdengar beberapa kali, yang bertepatkan pada hari kamis (21/5/2020) sekitar Pukul 09.30 WIB.

Warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat mendengar suara misterius, bukan hanya sekali, tetapi berkali kali.

Salah satu warga bernama Revinna menuturkan suara dentuman terdengar beberapa kali olehnya sekitar jam 9 pagi. Warga Desa ciwidey, Kecamatan galunggung Kabupaten Bandung ini mengatakan dirinya mendengar suara dentumam dari langit hingga enam kali.

"Jam 8 tadi masih tiduran terus tiba-tiba seperti ada suara mendentum gitu. Saya pastiin apa dan pas keluar luar rumah, itu suara dentumam dari langit," kata Revinna.

Sejumlah analisa dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga pakar vulkanologi belum menjawab secara pasti tentang fenomena tersebut.

Analisa Ahli vulkanologi yang juga mantan Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono, dentuman keras terdengar jelas di wilayah di Jakarta hingga Depok, Jawa Barat, kemungkinan berasal Gunung Anak Krakatau (GAK).

Pada saat bersamaan, gunung di Selat Sunda itu memang mengalami erupsi.

Baca juga : fakta dan foto-foto cantik tante ernie

prediksi suara dentuman BMKG
prediksi suara dentuman bmkg

Suara Dentuman Anak Gunung Krakatau

"Pada saat masyarakat mendengar dentuman, bersamaan dengan letusan anak gunung krakatau bisa terjadi bahwa suara tersebut dari Gunung Anak Krakatau," ujar Surono.

Namun analisa tersebut langsung dibantah, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebut suara tersebut bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

"Saya sudah konfirmasi petugas pos pengamatan, mereka tidak mendengar karena letusannya juga kecil," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Hendra Gunawan dihubungi di Jakarta, Sabtu (11/4).

Sementara itu, BMKG memastikan suara dentuman yang dilaporkan terdengar oleh beberapa warga di Bandung dan sekitarnya pada Kamis (21/5) pagi, bukan disebabkan gempa bumi maupun petir.

"Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi yang signifikan terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono yang dihubungi di Jakarta.

Begitu pula dengan hasil monitoring petir menggunakan peralatan "lightning detector" menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 sampai dengan 10.00 WIB.

asal suara dentuman jawa barat
asal suara dentuman jawa barat

Cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak Kamis pagi hingga pukul 10.00 WIB dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan.

"Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya," jelasnya.

Seperti halnya dalam permainan slot online yang akan anda dengan ketika anda mendapatkan bonus jackpot dalam permainan slot yang bisa anda rasakan dengan mengunjungi situs WAMA88.

Situs WAMA88 adalah situs game online indonesia yang menyediakan berbagai games terpopuler di indonesia, yang banyak di minati oleh berbagai golongan masyarakat indonesia.

Suara dentuman jackpot slot WAMA88
Suara dentuman jackpot slot WAMA88

Bermain game yang menguntungkan dan menghasilkan di tengah suasana pandemi corona ini menjadi solusi masyarakat banyak untuk kegiatan sehari hari tanpa harus keluar rumah.

Tidak hanya di Kota Bandung, suara tersebut terdengar juga terdengar di Kabupaten Bandung.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya, pihaknya belum dapat memberi keterangan terkait kejadian tersebut.

"Info masih subyektif. Lebih baik kalau ada rekaman suara atau rekaman video dari HP. Sementara saya no comment," ujarnya.

Saat ini, BMKG sedang melakukan kajian terkait suara dentuman yang terjadi dan belum menemukan titik terang.

Sebelum ini, pekan lalu, suara dentuman juga dilaporkan warga terdengar di wilayah Jawa Tengah.

Lemabaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, saat dikonfirmasi, juga menyatakan, belum diketahui dengan pasti asal suara tersebut.

Sekian info dari WAMA88, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan kami ucapakan terimkasih.