yandex
Berita UmumBerita ViralTrending

1 Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin

Viralnesia - Teror bom terjadi di Masjid Nurul Yakin, Seruyan, Kalimantan Tengah, pukul 18.20 WIB, Jumat 1 Mei 2020. Saat itu, marbut masjid menemukan barang menyerupai bom. Tak ayal, teror ini menggegerkan masyarakat Kabupaten Seruyan.

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro menuturkan, berdasarkan hasil CCTV masjid, benda menyerupai bom itu diletakkan oleh seorang laki-laki muda yang mengenakan kaos oblong dan celana pendek warna gelap.

1 Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin
1 Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin

Teror Bom Terjadi Di Tengah Pandemi Corona.

Sebelum tiba di masjid, pelaku sempat menumpang sebuah sepeda motor Tossa kuning. Bermodalkan keterangan dan data itu, polisi melacak pelaku yang sudah meresahkan warga setempat, apalagi di tengah pandemi Corona.

Sabtu (2/5/2020) subuh, Polres Seruyan, Kalimantan Tengah, menangkap pelaku Teror Bom rakitan itu. Agung mengatakan, penangkapan pelaku teror bom di masjid itu ditangkap pukul 04.20 WIB. Pelaku berinisial HG alias Iwan (22).

"Pelaku kami tangkap di kediamannya pagi tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Polres Seruyan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Agung.

Agung menjelaskan, polisi telah memeriksa sejumlah saksi. Hasil penyelidikan, pemilik motor Tossa yang ditumpangi Iwan adalah A. Namun, saat kejadian, sepeda motor itu digunakan oleh TH untuk mengantar galon ke Jalan Kapten Mulyono Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

Menurut keterangan TH, selesai mengantar galon, dia bertemu Iwan yang merupakan teman SMA-nya. Iwan merupakan warga Kampung Kumai, Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir.

Kala itu, lanjut dia, Iwan yang pertama kali memanggil TH dan mengutarakan maksud ingin menumpang di sepeda motor yang dikendarainya sembari memperlihatkan bom kepada TH. Namun, TH mengaku tidak mengindahkannya.

"Iwan meminta tumpangan kepada TH. Sesampainya di pertigaan Apotek Azmi, dia turun, selanjutnya berjalan kaki menuju Masjid Nurul Yaqin dengan membawa benda diduga bom itu yang disembunyikannya di dalam baju bagian depan," ucap Agung.

Tim gabungan Polda Kalimantan Tengah mengaku sudah memeriksa soal rangkaian diduga bom yang diletakkan pelaku Teror Bom di Masjid Nurul Yaqin, Kuala Pembuang, Kecamatan Pembuang Hilir Kabupaten Seruyan.

Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Hendra Rochmawan mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, rangkaian diduga Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin yang telah diamankan pihaknya tidak memenuhi unsur bom rakitan.

"Setidaknya ada 4 unsur yang harus ada dan bisa diambil kesimpulan jika itu bom rakitan. Pertama itu ada hulu ledak, kemudian ada pemicu atau alat picu. Nah empat unsur itu tidak ditemukan.

Jadi itu hanya rangkaian ada kabel, baterai dan serbuk tapi bukan yang bisa meledak," kata Hendra berbincang dengan lewat sambungan telepon, Sabtu (2/5/2020).

1 Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin
1 Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin

Meski begitu, segala dugaan masih terus didalami. Termasuk motif dan latarbelakang pelaku melakukan aksi Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin.

"Masih kita dalami. Sampai sejauh ini pelaku melakukan aksinya sendiri. Nanti perkembangannya kita lihat juga apa motof pelaku," imbuh dia.

Dalam proses pemeriksaan, polisi mendapatkan bahwa pelaku Teror Bom Terjadi Di Masjid Nurul Yakin diduga kuat masih dalam pengaruh narkotika. Hasil pemeriksaan sementara pelaku baru saja menggunakan sabu.

"Jadi ada temuan bahwa pelaku ini urine positif, dan diduga baru menggunakan sabu kemaren lusa atau dua hari lalu," ujar dia.

Sekian info dari Realbola, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan kami ucapkan terimakasih.

 

Related Articles

Back to top button