desinfektan

Pengertian dan Kegunaan Desinfektan

Viralnesia - Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan.

Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral. Selain itu disinfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf.

Bagaimana ke Efektivitas Desinfektan Sendiri?

Efektivitas disinfektan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lama paparan, suhu, konsentrasi disinfektan, pH, dan ada tidak bahan pengganggu. pH merupakan faktor penting dalam menentukan efektivitas disinfektan, misalnya saja senyawa klorin akan kehilangan aktivitas disinfeksinya pada pH >10. Contoh senyawa pengganggu yang dapat menurunkan efektivitas disinfektan adalah senyawa organik.

semprot desinfektan

Beberapa Jenis Desinfektan

1. Klorin

Senyawa klorin yang paling aktif adalah asam hipoklorit. Mekanisme kerjanya adalah menghambat oksidasi glukosa dalam sel  mikro-organisme dengan cara menghambat enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat .

2. Iodin

Iodin merupakan disinfektan yang efektif untuk proses desinfeksi air dalam skala kecil. Dua tetes iodine 2% dalam larutan etanol cukup untuk mendesinfeksi 1 liter air jernih. Salah satu senyawa iodine yang sering digunakan sebagai disinfektan adalah iodofor. Sifatnya stabil, memiliki waktu simpan yang cukup panjang, aktif mematikan hampir semua sel bakteri, tetapi tidak aktif mematikan spora, nonkorosif, dan mudah terdispersi.

3. Alkohol

Alkohol disinfektan yang banyak dipakai untuk peralatan medis. Umumnya digunakan etil alkohol dan isopropil alcohol dengan konsentrasi 60-90%, tidak bersifat korosif terhadap logam, cepat menguap, dan dapat merusak bahan yang terbuat dari karet atau plastik.

Demikian cuplikan singkat Viralnesia, apakah sobat sudah menggunakan desinfektan untuk mengatasi Virus Corona yang sedang merajalela? Semoga sahabat semua terus diberi kesehatan dan terhindar dari Virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here