yandex
KesehatanLifestyleTips

Tips menghilangkan mual tanpa obat

Viralnesia - Ketika mual, kita akan merasa gelisah dan tidak nyaman akibat dorongan ingin muntah. Muntah dapat dicegah dengan cara menghilangkan mual, baik dengan bantuan obat maupun penanganan mandiri di rumah.

Mual biasanya di ikuti rasa tidak nyaman di dada, di perut bagian atas, atau tenggorokan. Seseorang yang merasa mual juga bisa merasakan pusing atau sakit kepala.

Meski kebanyakan rasa mual kemudian diikuti oleh muntah, namun ada juga mual yang tidak diakhiri dengan muntah. Mual biasanya tidak menyakitkan, namun jika dibiarkan bisa membuat seseorang menjadi lemas.

Baca juga : ibu hamil ingin puasa

Tips menghilangkan mual tanpa obat
Tips menghilangkan mual tanpa obat

Menghilangkan mual secara alami

Mual bisa diredakan tanpa mengonsumsi obat. Beberapa cara menghilangkan mual secara alami yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Minum air
    Jika merasa mual, segera minum air. Anda bisa minum air putih, air jahe, teh, atau cairan lain yang mampu membuat perut Anda terasa lebih nyaman. Selain itu, mencukupi asupan cairan juga dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.
  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna
    Menghilangkan mual juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti pisang, nasi, biskuit dan bubur. Konsumsi sedikit-sedikit namun sering, agar makanan bisa dicerna secara perlahan.
  • Hindari makanan dan minuman tertentu
    Hindari makanan yang digoreng, makanan pedas, kopi, dan minuman bersoda sampai mual reda. Terkadang aroma tajam dari makanan atau minuman tertentu juga dapat menimbulkan mual. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan dengan bau yang menyengat guna mencegah mual bertambah parah.
  • Mengonsumsi jahe atau minuman jahe
    Jahe sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional untuk meredakan mual, bahkan pada ibu hamil. Zat kimia yang terdapat dalam jahe dipercaya dapat memengaruhi sistem saraf, lambung, dan usus untuk membantu mengurangi rasa mual.
  • Berbaring
    Beraktivitas saat mual dapat memperparah mual dan memicu muntah. Oleh karena itu, hentikan dulu aktivitas dan beristirahatlah dalam posisi duduk atau berbaring. Usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lain.

Biasanya mual akan reda dalam beberapa jam. Namun jika cara menghilangkan mual di atas tidak berhasil meredakan mual yang Anda rasakan, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Sekian info dari Realbola, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan kami ucapkan terimakasih.

Related Articles

Back to top button