Viralnesia – Beragam tantangan di dunia maya makin hari makin mengkhawatirkan. Mulai dari keke challenge, zoom challenge, kini mulai muncul challenge terbaru, yaitu Momo challenge.

Generasi muda terutama anak-anak perlu waspada terhadap viralnya tantangan atau challenge di dunia maya. Untuk orang tua juga perlu mengawasi anak-anaknya supaya tidak sembarangan melakukan challenge karena banyak sekali challenge yang berujung bahaya.

Momo Challenge Viral di WhatsApp

Tak perlu waktu lama untuk Momo Challenge viral di media sosial. Selain karena sudah mulai banyak orang yang melakukan, tantangan itu pun disebarkan melalui jejaring WhatsApp.

Isi dari Momo Challenge dikhususkan untuk perempuan yang masih berusia 12 tahun dan mengajak seseorang untuk bunuh diri. Kejadian serupa pernah terjadi saat viral Blue Whale Challenge. Tentunya pihak kepolisian segera menyatakan bahwa challenge tersebut berbahaya.

Siapakah Momo?

Ternyata nama Momo bukan sembarang nama. Momo merupakan akun sebuah media sosial yang ada di beragam platform, seperti Facebook, YouTube, dan WhatsApp.

Momo Challenge Viral di WhatsApp

Unit Investigasi Kejahatan Komputer di Tabasco, Meksiko telah melakukan penyelidikan dan investigasi terkait tantangan ini. Menurut penjelasan pihak ini, Momo Challenge menantang pengguna Facebook untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak dikenal.

Setelah berkomunikasi, Momo akan membalas respon user dengan memberikan gambar yang berisi kekerasan. Ia juga akan memberikan perintah. Uniknya, user yang berusaha mengabaikan perintah tersebut dapat merasa sangat terancam.

Tindakan Antisipasi

Apabila keluarga Anda, terutama anak-anak mendapatkan pesan dari akun yang tidak dikenal, terutama dari Momo, maka abaikan atau langsung laporkan ke pihak yang berwajib. Salah satu ciri yang dapat dikenali dari akun Momo Challenge adalah menggunakan avatar wanita yang mirip burung.

Avatar itu menggunakan karya dari Midori Hayashi, seorang seniman yang berasal dari Jepang. Tapi perlu digaris bawahi bahwa Midori sama sekali tidak terkait dengan Momo Challenge. Foto karyanya digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Di dunia yang penuh dengan masalah dan persoalan, bunuh diri bisa menjadi salah satu tawaran yang menggiurkan. Tapi jika akal masih sehat, percayalah bahwa bunuh diri bukanlah jawaban. Apalagi orang kurang waras pun tak pernah sekalipun berniat untuk bunuh diri.

Tindakan Antisipasi Momo Challenge