Viralnesia– Banyak hewan mengalami proses metamorfosis sebagai salah satu penanda bahwa setiap makhluk mengalami fase pertumbuhan. Dalam dunia fauna, beberapa hewan melakukan proses metamorfosis salah satunya adalah katak.

Ya, dimulai dari telur, kecebong, katak muda, dan menjadi katak dewasa adalah proses metamorfosis yang alamiah terjadi pada binatang amfibi tersebut.

Namun, apa jadinya jika kamu menemukan seekor kecebong dengan ukuran raksasa? Barangkali kamu akan terkecoh dan mengiranya sebagai ikan. Tetapi siapa sangka jika hal ini benar-benar terjadi, seperti pengalaman seorang perempuan bernama Alina Downer yang tak sengaja menemukan spesies tersebut.

Relawan dari American Museum of Natural History’s Southwestern Station (SWRS) ini memang secara tak sengaja menemukan kecebong raksasa tersebut ketika dirinya tengah menyusuri lumpur setinggi lutut.

Dilansir dari laman livingalongsidewildlife.com, Jumat (27/7), Alina awalnya mengira bahwa binatang tersebut adalah seekor ikan, namun saat dilihat lebih jelas ia pun langsung kaget karena yang ditemukannya ternyata adalah seekor kecebong berukuran jumbo.

Kecebong yang kemudian diberi nama Goliath oleh tim peneliti ini pun langsung menyita perhatian banyak orang setelah dibagikan melalui cuitan Earyn McGee.

Kecebong raksasa Goliath
Wah gede ya gaes! (Dok. Istimewa)

Pemilik akun Twitter @Afro_Herper ini merupakan seorang herpetologist (seseorang yang mendalami ilmu tentang reptil dan amfibi), karena rasa penasaran akhirnya ia pun langsung mendatangi tempat dimana kecebong tersebut dirawat dan diteliti.

Kecebong yang diberi nama Goliath ini pun diduga ternyata mengalami kelainan hormon yang tak seimbang. Walhasil, binatang ini pun tak seberuntung saudara-saudaranya yang berhasil mengalami proses metamorfosis yang sempurna, menjadi katak.

kecebong goliath dan pisang
Besarnya sama dengan ukuran pisang (Dok. Istimewa)

Uniknya, saking besarnya ukuran kecebong raksasa tersebut, banyak yang  menyamakan spesies langka ini dengan ukuran sebuah pisang dan satu kaleng minuman soda. Bahkan kecebong yang diperkirakan berusia tiga tahun itu masih akan terus bertambah besar ukurannya.