Viralnesia – Idul Adha merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Selain karena hari raya ini berbarengan dengan waktu pelaksanaan ibadah haji. Dalam hari raya ini diuji keihklasan kita untuk menyisihkan sebagian harta kita untuk disumbangkan dalam bentuk hewan kurban, kambing atau sapi.

Berkurban kambing atau sapi memang dianjurkan untuk umat muslim. Selain untuk membantu masyarakat lain, hari raya ini untuk mengingatkan ujian yang diberikan kepada Nabi Ibrahim. Dari kisah Nabi Ibrahim itu kita menjadi tahu apa arti pengorbanan yang dilakukan tidak akan mampu menyaingi ketabahan dan kesungguhan hati Nabi Ibrahim.

Tapi untuk orang yang memiliki keterbatasan ekonomi, anjuran untuk berkurban kambing atau sapi tentu bukan hal yang mudah. Tapi percayalah, meskipun bukan hal yang mudah, itu juga bukan hal yang mustahil.

Tidak Ada Yang Tidak Mungkin

Bila kita berpikir bahwa anjuran kurban hanya mampu dilakukan oleh orang-orang yang memiliki ekonomi kuat, segera singkirkan pikiran itu. Karena bila melihat apa yang dilakukan oleh Bambang ini, pasti akan membuat pikiran seperti itu sirna.

Tukang Becak Kurban Sapi

Bambang adalah seorang tukang becak yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Pria yang kegiatan sehari-harinya ini mengayuh becak nyatanya mampu berkurban seekor sapi dengan harga 13 juta rupiah.

Tidak yang mengatakan bahwa hal itu mudah, tapi bila yakin maka uang yang banyak itu pun terkumpul sedikit demi sedikit. Pastinya kita tahu bahwa penghasilan penarik becak tidaklah terlalu banyak. Tapi Bambang membaginya secara bijak. Uang yang dihasilkan dari menarik becak itu sebagian untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan sebagian disimpan untuk membeli sapi sebagai hewan kurban.

Lima Tahun Untuk Berbagi

Dalam keterangannya, Bambang memerlukan waktu selama lima tahun untuk mengumpulkan uang demi membeli sapi kurban.

Untuk masyarakat yang kondisinya lebih baik dari Bambang seharusnya bersyukur dan mampu meneladani tindakannya. Alangkah baiknya jika mau berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan, apalagi bisa ikut berkontribusi di hari raya Idul Adha. Pasti menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri untuk Bambang. Semoga kurban sapinya bermanfaat untuk orang banyak.