yandex
Berita UmumVirus Corona

Terkena PHK Akibat Corona WHO Sarankan Bermain Game

viralnesia - Karyawan yang mendapat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau di liburkan tanpa upah akibat dampak pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah jakarta diminta mendata diri ke Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI.

Hal tersebut diumumkan lewat akun instagram resminya untuk pekerja yang terdampak virus corona.

Pemerintah mengingatkan para pelaku usaha agar tetap membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran kepada pekerja di tengah penyebaran pandemi virus Covid-19. Sebab, pembayaran THR merupakan kewajiban perusahaan kepada pekerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ketentuan pemberian THR kepada pekerja yang ada dalam Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Begitu pula diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

"Diingatkan swasta, berdasarkan UU diwajibkan memberikan THR dan Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan hal-hal terkait dengan THR," ujar Airlangga dalam video conference pada hari kamis tanggal 2 april.

Diketahui, pemerintah sendiri telah memberi kebijakan stimulus ekonomi kepada dunia usaha terkait dengan imbas wabah corona. Salah satunya, pemerintah memberikan relaksasi pungutan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 kepada pekerja di sektor industri manufaktur.

Bahkan, dukungan kepada dunia usaha juga diperluas melalui penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Contohnya seperti memberikan potongan pungutan PPh Badan sebesar 22 persen mulai tahun ini. Kemudian, mempercepat restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kepada 19 sektor usaha.

"Berdasarkan paket yang diluncurkan, Perrpu, dukungan sektor usaha diperluas. Tidak hanya manufaktur tapi yang lain termasuk jasa pariwisata, transportasi, dan sektor-sektor yang lain nanti kami akan segera koordinasikan untuk ditambahkan," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyatakan pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan penundaan bayar THR. Pasalnya, banyak perusahaan yang arus kasnya tidak lancar sejak pandemi corona masuk ke Indonesia.

Hal ini terjadi karena roda industri mau tidak mau harus terhenti di tengah masa tanggap darurat corona hingga himbauan kerja dari rumah oleh pemerintah pusat dan daerah. Akibatnya, tidak ada pemasukan, namun beberapa pos operasional tetap harus dipenuhi pembayarannya.

"Maka kami minta kalau bisa pemerintah respons dengan memberi tenggang waktu, misalnya kalau ada perusahaan yang cuma bisa bayar 50 persen THR, ya diperbolehkan, nanti sisa 50 persennya dibayar saat keuangan perusahaan membaik," ujar Sarman.

Bahkan, sambungnya, bila ada perusahaan yang tidak mampu membayar sampai 100 persen, maka bisa diberikan penundaan kewajiban bayar sampai tahun depan. "Jadi mungkin diperbolehkan dirapel ke tahun depan," imbuhnya.

Dalam rangka pencegahan Corona, WHO menyarankan orang-orang bermain game online saat karantina. Hal ini diimbau di tengah anjuran "physical distancing" dan isolasi diri di rumah untuk mencegah infeksi dan penyebaran virus corona baru atau SARS-CoV-2.

Bermain game bisa menjadi hobi yang sehat untuk orang-orang selama masa karantina karena membantu menghilangkan stres dan rasa khawatir. Kegiatan ini menyediakan beberapa pelarian yang sangat dibutuhkan di tengah ketidakpastian seperti saat ini.

"Kita berada pada momen krusial di tengah pandemik. Perusahaan game punya audiens global, kami mendorong mereka untuk #PlayApartTogether," tulis Duta Besar WHO untuk strategi global, Ray Chambers. Beberapa perusahaan video game menyambut baik. Mereka menambahkan fitur baru, hadiah tambahan dan membuat konten tertentu tersedia secara gratis.

Dilansir Antara, pemanfaatan gim meningkat secara signifikan sejak dimulainya pandemi corona, apalagi semakin banyaknya orang yang terpaksa tinggal di dalam rumah mereka.

Platform game slot online seperti Wama88 mencapai jumlah pengguna daring terbanyak sejauh ini, sementara platform lain dari perusahaan seperti Nintendo dan Xbox bahkan sampai harus mengalami server mogok karena banyaknya orang yang menggunakannya pada saat yang sama.

Untuk mengefektifkan dan mencegah penyebaran penyakit, berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan selama menjalani social distancing sebagaimana dilansir dari laman Wama88:

1 . Menaati rekomendasi kebersihan publik seperti mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang lazim digunakan orang sakit.
2 . Mencuci tangan yang baik setidaknya menggosok bagian-bagian tangan selama 20 detik menggunakan air dan sabun.
3 . Hindari menyentuh wajah, hidung, mulut, serta jangan menggosok kelopak mata Anda.
4 . Praktikkan etika batuk dan bersin.
5 . Buang dengan baik barang-barang yang bersentuhan dengan mulut Anda, misalnya tisu, peralatan makan plastik, hingga sikat gigi bekas.
6 . Hindari berinteraksi dengan orang yang menunjukkan tanda-tanda mengalami sakit.
7 . Jika bekerja dalam jarak dekat dengan rekan kerja Anda, pastikan untuk menjaga jarak hingga dua meter, jika tidak memungkinkan, setidaknya hingga satu meter paling dekat.
8 . Hindari juga untuk berkumpul di area publik, seperti ruang teater, atau pertandingan olahraga.
9 . Jika memungkinkan, lakukan aktivitas fisik dan berolahraga setiap harinya untuk menjaga kebugaran tubuh.
10 . Selama masa social distancing, manfaatkan waktu berkualitas untuk keluarga. Berikan pembelajaran dan kenalkan pola-pola hidup sehat kepada anak-anak.

Selama masa pandemi corona, upayakan emosi Anda agar tetap tenang. Dilansir dari Psychology Today, merasa panik di tengah penyebaran penyakit malah berisiko menjadikan seseorang rentan terpapar penyakit tersebut.

Emosi panik berlebihan menjadikan tubuh melepaskan hormon kortisol, yang mana dapat menekan imun badan sehingga kekebalan tubuh dapat berkurang dalam melawan kontaminasi virus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button