yandex
Berita UmumBerita Viral

PSBB Bandung di Perpanjang Lagi

Viralnesia - PSBB Bandung di perpanjang lagi hingga 12 Juni 2020. Setelah sebelumnya sudah mulai merencakan New Normal ternyata sepertinya dibatalkan karena adanya perpanjangan PSBB.

New Normal di Kota Bandung Menjadi Wacana Setelah PSBB Bandung di Perpanjang

PSBB Bandung di Perpanjang Lagi
PSBB Bandung di Perpanjang Lagi

Salinan lembaran Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang Perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam rangka Percepatan Penanggulangan Coronauirus Disease 2019 (Covid-19) beredar luas di sosial media, Kamis (28/5) petang.

Beredarnya keputusan tersebut sempat membuat sejumlah warga kebingungan karena selama ini yang didengungkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah pemberlakuan tatanan normal baru atau new normal setelah PSBB Tingkat Provinsi Jabar selesai.

Hal tersebut pun diikuti dengan sejumlah kajian dan perencanaan dari berbagai instansi Pemprov Jabar.

Lembaran Keputusan Gubernur Jabar bernomor 443/Kep.287-Hukham/2020 yang beredar tersebut menyatakan PSBB diperpanjang untuk wilayah Bodebek (Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi), selama enam hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 4 Juni 2020.

Surat putusan Gubernur terkait perpanjang PSBB Bandung
Surat putusan Gubernur terkait perpanjang PSBB Bandung

PSBB pun diperpanjang untuk wilayah Jawa Barat di luar Bodebek, selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 12 Juni 2020.

"Untuk Wilayah Bodebek (Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi), selama 6 (enam) hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 4 Juni 2020," begitu isi Keputusan Gubernur Jabar yang keluar pada Kamis 28 Mei 2020 ini.

Sedangkan untuk daerah Jawa Barat di luar Bodebek, PSBB akan diperpanjang hingga 12 Juni.

"Untuk Wilayah Jawa Barat di luar Bodebek, selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 12 Juni 2020," lanjut Keputusan Gubernur ini.

gubernur jawa barat ridwan kamil
gubernur jawa barat ridwan kamil

Namun, keputusan perpanjangan PSBB ini menjadi tanda tanya tersendiri. Namun, keputusan perpanjangan PSBB ini menjadi tanda tanya tersendiri. Gubernur Jawa Barat lewat akun Instagram resminya, @ridwankamil, meluruskan terkait kabar ini.

Dalam tulisan yang ia unggah pada Kamis, 28 Mei 2020 malam itu, Ridwan Kamil mengatakan hanya wilayah Jabar yang masih berada di zona kuning-lah yang akan melanjutkan PSBB hingga 12 Juni 2020.

"Sekitar 60 persen Zona Biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40 persen Zona Kuning (level 3) wilayah melanjutkan PSBB proporsional sampai tanggal 12 Juni 2020," tulis Ridwan Kamli.

Terkait daerah mana saja yang akan menerapkan New Normal dan perpanjangan PSBB, Ridwan Kamil baru akan mengumumkannya pada hari ini.

"Mana yang 60 persen mana yang 40 persen akan diumumkan besok. Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar," tutupnya.***

 

View this post on Instagram

 

WHO mengatakan jika wilayah bisa mempertahankan indeks reproduksi covid (Rt) selalu diangka 1 selama 14 hari, maka wilayah bisa dikategorikan terkendali, dan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) bisa dilakukan dengan hati-hati. Itulah data Jawa Barat selama 14 hari, 2 hari ini indeks 0,97, sehingga dijadikan percontohan tahap awal untuk proses adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan di 60 % wilayah Jabar. . Dilakukan secara perlahan, bertahap dan hati-hati. Rumah Ibadah dan Industri dulu baru toko/restoretail/mall. Dan Jabar terus dilakukan pelacakan/pengetesan masif dengan Mobile Test Lab setiap hari. Sekitar 60 % Zona Biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40 % Zona Kuning (level 3) wilayah MELANJUTKAN PSBB proporsional sd tanggal 12 Juni 2020. Mana yang 60% mana yang 40% akan diumumkan besok. Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on May 28, 2020 at 6:06am PDT

Juru Bicara GTPP COVID-19 Jabar Berli Hamdani memastikan kebenaran dari surat tersebut. "Iya valid," ujar Berli saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (28/5/2020).

Ia memastikan, new normal tidak akan batal dilaksanakan pada 1 Juni mendatang. "Tidak batal, kalau Jabar tanggal 1 Juni sebagai launching new normal. Lebih tepatnya dimulainya budaya adaptasi kebiasaan baru (AKB)," ujar Berli.

Sementara itu, Juru Bicara GTPP COVID-19 Jabar lainnya, Daud Achmad meminta awak media untuk menunggu keterangan resmi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Jumat (27/5/2020). "Tunggu statemen Pa Gub besok," balasnya singkat saat dikonfirmasi.

Dalam unggahan Instagramnya, Ridwan Kamil mengatakan sekitar 60 persen daerah dengan zona biru di Jabar bisa memulai pilihan new normal. Sedangkan, sekitar 40 persen wilayah yang berada di zona kuning melanjutkan PSBB proporsional sampai dengan 12 Juni 2020.

"Sekitar 60 % Zona Biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40 % Zona Kuning (level 3) wilayah MELANJUTKAN PSBB Bandung secara proporsional sd tanggal 12 Juni 2020. Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Sebelumnya saat rapat koordinasi dengan Polda Jabar, Ridwan Kamil menyatakan Jabar menjadi salahsatu dari empat provinsi yang diizinkan pemerintah pusat untuk memberlakukan new normal. Menurutnya hal itu dilakukan di seluruh wilayah Jabar.

"Per hari ini angka reproduksi COVID-19 kita di angka 1,09 dalam standar WHO angka satu itu bisa dianggap terkendali, makin kecil di nol koma lebih baik. Nah kita akan fokus menjaga ini selama 14 hari ke depan. Jadi sudah satu Minggu rasionya di angka satu dan mudah-mudahan satu Minggu lagi tetap di angka satu sehingga bisa dalam kategori terkendali. Itulah kenapa ada empat provinsi yang diizinkan oleh pemerintah pusat untuk melakukan persiapan new normal, satu Sumatera Barat, dua Jabar, DKI dan Gorontalo nah kemudian ada 25 kota. Kalau Jabar semuanya, kalau provinsi yang di luar empat diatur berdasarkan situasi," ujarnya.

Jika kalian mulai bosa dirumah namun belum ada keputusan pasti, kalian bisa melakukan aktivitas bermain games yang bisa dijadikan penghasilan tambahan saat dirumah aja. Yaitu permainan online seperti Tembak ikan, slot, footbal strike dan beberapa permainan populer yaitu Poker. Silakan daftarkan diri kamu di WAMA88.

Related Articles

Back to top button